Sambut Idul Adha, Masjid Raya Sheikh Zayed Solo Gelar Rangkaian Kegiatan Menarik

Sambut Idul Adha, Masjid Raya Sheikh Zayed Solo Gelar Rangkaian Kegiatan Menarik

Sambut Idul Adha, Masjid Raya Sheikh Zayed Solo Gelar Rangkaian Kegiatan Menarik

Masjid Raya Sheikh Zayed Solo Gelar Rangkaian Kegiatan Menarik Selama Idul Adha (Foto: Dok. JIMBOENG)


Menyambut Hari Raya Iduladha 1445 H, Masjid Raya Sheikh Zayed Solo (MRSZS) akan menggelar sejumlah kegiatan mulai 16-20 Juni 2024.

Kegiatan diawali dengan Malam Takbiran pada Minggu malam (16/6). Kemudian di hari Senin, akan dilaksanakan salat Iduladha dimulai pukul 06.30 WIB. Dilanjutkan pembagian 10.000 Jenang Nusantara, serta pada malam harinya akan digelar pertunjukan kembang api.

Baca Juga: Gibran Rakabuming Percepat 24 Proyek Infrastruktur di Solo untuk Tahun Ini

Sedangkan untuk penyembelihan hewan kurban dan pendistribusian akan dilaksanakan pada hari Selasa dan Rabu dengan jumlah sekitar 22 ekor sapi. Dan untuk hari Kamis digelar Semarak Festival Idul Adha.

Direktur Pelaksana Masjid Raya Sheikh Zayed Solo, Munajat mengatakan salat Id akan diimani oleh KH Ibrahim Asfari serta KH Abdul Karim sebagai khatib.

“Kemungkinan Hari Raya Iduladha se-Indonesia sepertinya sama semua ya. Dan di sini (MRSZS) salat Id nya diimami oleh KH Ibrahim Asfari serta khatibnya Gus Karim (KH Abdul Karim),” kata Munajat.

Munajat juga menjelaskan bahwa saat kurban Iduladha, Masjid Raya Sheikh Zayed Solo akan menyembelih 22 ekor sapi, dengan rincian 21 ekor sapi hadiah dari Zayed Foundation Uni Emirat Arab yang berbobot minimal 500 kilogram. Dan satu ekor sapi seberat lebih-kurang 1 ton dari Presiden Joko Widodo.

Untuk daging kurban rencananya akan dibagikan kepada warga sekitar MRSZS dengan menggunakan kupon yang telah disiapkan panitia melalui pendataan warga yang berhak mendapatkannya, agar meminimalisir penerimaan yang double.

Usai salat Id, MRSZS menyiapkan sarapan sebanyak 10 ribu porsi bubur nusantara dari  mulai bubur sumsum, bubur kacang hijau, jenang pati dan sebagainya.

Dan untuk memeriahkan Hari Raya Iduladha, selama hari Tasyriq (tiga hari lamanya) MRSZS menyuguhkan berbagai pertunjukan kesenian islami dari mulai tari sufi, hadrah, tari saman dan sebagainya. Pertunjukan ini digelar setiap hari mulai pukul 15.00 WIB hingga pukul 17.00 WIB.

“Khusus untuk 17 Juni, saat Hari Raya Iduladha, sekitar pukul 19.30 WIB akan ada pertunjukan kembang api,” ungkap Munajat.

Baca Juga: Gibran Rakabuming Ajak Anak Sekolah di Solo Pakai Transportasi Publik

Munajat berharap, dengan dihadirkannya berbagai perayaan itu, masyarakat akan bergembira dengan perayaan Iduladha.




Masjid Raya Sheikh Zayed SoloMasjid zayed soloIdul AdhaIdul Adha di Masjid Raya Sheikh Zayed SoloKurban di Masjid Raya Sheikh Zayed Solo

Share to: