Sosok Tepat Pengganti Dirjen Aptika Kominfo dari Kalangan Profesional dan Bisnis

Sosok Tepat Pengganti Dirjen Aptika Kominfo dari Kalangan Profesional dan Bisnis

Sosok Tepat Pengganti Dirjen Aptika Kominfo dari Kalangan Profesional dan Bisnis

Sosok Tepat Pengganti Dirjen Aptika (Foto: Istimewa)


Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika (Dirjen Aptika Kominfo), Semuel A. Pangerapan mundur dari jabatannya imbas Pusat Data Nasional yang diretas.

Hingga kini, Kominfo belum mengumumkan sosok pengganti Semmy yang telah menjabat sebagai Dirjen Aptika Kominfo selama 8 tahun ini.

Baca Juga: Dirjen Aptika Kominfo Semuel Pangerapan Mundur Imbas Pusat Data Nasional di Hack

Tim Kuyou pun telah melakukan riset mengenai sosok yang tepat untuk menggantikan Semmy sebagai Dirjen Aptika Kominfo yang berasal dari kalangan profesional dan bisnis, dan berikut adalah sosok-sosoknya.

1. Muhammad Arif

Sosok yang pertama ada Muhammad Arif yang kini menjabat sebagai Ketua Umum Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII). Muhammad Arif diketahui mengenyam pendidikan S1 Sistem Informasi dari Universitas Bina Nusantara, Jakarta.

Dirinya memiliki pengalaman dalam mengelola infrastruktur internet dan data, karena Muhammad Arif memiliki rekam jejak yang mumpuni seperti menjadi Wakil Ketua Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI) periode 2023-2027, Wakil Ketua Dewan Pembina Asosiasi Penyelenggara Jaringan Telekomunikasi (APJATEL) periode 2021-2024.

2. Alamanda Shantika

Kemudian ada Alamanda Shantika Santoso yang saat ini menjabat sebagai CEO Binar Academy, dirinya memiliki banyak pengalaman di bidang bisnis, seperti Vice President of Product di Go-Jek, Komisaris Independen di Blue Bird dan Mandiri Capital dan masih banyak lagi. Alamanda Shantika diketahui merupakan lulusan Universitas Bina Nusantara.

3. Ainun Najib

Sosok ketiga ada Ainun Najib yang saat ini menjabat sebagai Global Head of Data Platform Dyson. Ainun Najib juga memiliki pengalaman dalam mengelola data dan Artificial Intelligence (AI).

Dirinya merupakan praktisi teknologi yang mengggas situs KawalPemilu.org dan KawalCOVID19.id. Latar belakang pendidikan Ainun Najib adalah sarjana di Universitas Teknologi Nanyang (NTU), Singapura dengan jurusan Computer Engineering. 

4. Muhammad Ajie Santika

Lalu ada Muhammad Ajie Santika, CMO dan Cofounder Feedloop AI. Dirinya memiliki keahlian dalam mengelola sebuah start up, data dan juga AI, dirinya menjadi Advisor di Pemimpin.id, Cofounder sekaligus komisaris di Everidea Interactive.

Muhammad Ajie Santika mengenyam pendidikan di Sekolah Bisnis dan Manajemen  Institut Teknologi Bandung (SBM ITB) jurusan S1 Marketing.

5. Sofian Hadiwijaya

Dan yang kelima ada Sofian Hadiwijaya, Cofounder dan CTO Avatara.id. Dirinya memiliki pengalaman di bidang IT dan Web3, seperti menjadi Cofounder Deep Tech Foundation, Chief Technology Officer di TwoPointFive dan masih banyak lagi.

Sementara untuk latar belakang pendidikan Sofian Hadiwijaya adalah S1 Teknik Industri Binus University.




Dirjen Aptika KominfoPengganti Dirjen Aptika KominfoSosok pengganti Dirjen Aptika KominfoMuhammad ArifAlamanda ShantikaAinun NajibMuhammad Ajie SantikaSofian Hadiwijaya

Share to: