Rilis Single 'Penyangkalan', for Revenge Cerita Tentang Hubungan yang Toxic

Rilis Single 'Penyangkalan', for Revenge Cerita Tentang Hubungan yang Toxic

Rilis Single 'Penyangkalan', for Revenge Cerita Tentang Hubungan yang Toxic

for Revenge Rilis Single 'Penyangkalan' (Foto: Istimewa)


Band asal Bandung, for Revenge, meluncurkan single kedua yang berjudul 'Penyangkalan'. Lagu ini, ditulis oleh Boniex (vokal) dan Arief (gitar), mengangkat isu tentang seseorang yang menjalani hubungan toxic.

Dalam penulisan liriknya, Boniex terinspirasi dari pengalaman sang istri, Cynantia Pratita (vokalis band Stereo Wall) yang pernah mengalami hubungan tidak sehat di masa lalu.

Baca Juga: Keisya Levronka Rilis Single 'Tersemogakan', Hadirkan Lirik yang Penuh Harapan

"Secara sadar, dia menjalani hubungan yang tidak sehat. Namun, secara tidak sadar, dia menyangkal bahwa hubungan tersebut saling menyakiti. Di mata kami, sebuah toxic relationship akan penuh dengan penyangkalan. Pasangan bisa berkonflik, lalu saling memaafkan sebelum menyakiti lagi dalam waktu yang cepat," ungkap Boniex.

"Mereka selalu menyangkal bahwa mereka berada dalam hubungan yang tidak sehat. Siapa pun yang terjebak dalam situasi ini bisa menjadi 'pelaku' atau 'korban' dan mungkin tidak menyadari bahwa mereka berada dalam siklus yang berulang," sambung Boniex.

Proses pembuatan lagu ini relatif singkat. Dari sisi musik, Arief mengambil referensi dari band-band modern rock yang sedang populer. Sementara untuk penulisan liriknya, Boniex menghadapi tantangan tersendiri. 

Tidak hanya sekadar menuangkan kata-kata ke dalam lagu, ia harus berdiskusi panjang, menggali pengalaman seseorang yang pernah mengalaminya, hingga melakukan riset mendalam untuk mencari teori-teori terkait, seperti teori Tahapan Berduka (Stages of Grief) dan toxic relationship. Semua ini dilakukan Boniex untuk menciptakan lirik yang tepat dalam Penyangkalan.

Sebagai single kedua for Revenge di bawah label Sony Music Entertainment Indonesia (SMEI), Boniex mengakui ada perbedaan yang signifikan dibandingkan saat mereka merilis Sadrah, yang menandai bergabungnya mereka di SMEI. 

"Dalam prosesnya, kami lebih intens berdiskusi dari sisi produksi rekaman dengan tim SMEI, termasuk menggunakan Kamga sebagai pengarah vokal kami. Hal ini membuat "Penyangkalan" memiliki nuansa yang cukup berbeda dengan single-single for Revenge sebelumnya," ucap Boniex.




for RevengeSingle for RevengeLagu for Revengefor Revenge Penyangkalan

Share to: