Fakta Menarik Doctor Doom, Karakter Baru Robert Downey Jr. di Avengers: Doomsday

Fakta Menarik Doctor Doom, Karakter Baru Robert Downey Jr. di Avengers: Doomsday

Fakta Menarik Doctor Doom, Karakter Baru Robert Downey Jr. di Avengers: Doomsday

Fakta Menarik Doctor Doom (Foto: Istimewa)


Robert Downey Jr. kembali membintangi film Avengers terbaru, yakni Avengers: Doomsday.

Namun kali ini, Robert Downey Jr. tak akan memerankan karakter Iron Man atau Tony Stark karena diceritakan telah meninggal dunia. Dalam film ini, Robert Downey Jr. akan berperan sebagai Doctor Doom.

Baca Juga: Marvel Umumkan Film 'Avengers: Doomsday', Robert Downey Jr. Jadi Orang Jahat?

Doctor Doom juga akan menjadi pemeran utama di film Avengers: Doomsday yang direncanakan akan tayang pada tahun 2025 mendatang. Dan berikut adalah beberapa fakta menarik dari karakter Doctor Doom.

Siapa Doctor Doom?

Marvel menjelaskan, Doctor Doom memiliki nama asli Victor Von Doom. Dirinya pertama kali debut di komik Fantastic Four (1961) #5 karya Stan Lee dan Jack Kirby. Ia debut sudah dengan rencana jahat dengan menculik The Invisible Woman.

Berdasarkan berbagai cerita yang muncul, Victor Von Doom diketahui adalah anak laki-laki dari Cynthia dan Werner Von Doom. Werner dikenal memiliki kemampuan magis untuk menyembuhkan orang sakit.

Werner sempat dipanggil ke Kerajaan Latveria oleh Baron Vladimir Fortunov untuk menyembuhkan istrinya. Namun Baroness itu sudah kepalang sakit parah dan terlambat untuk disembuhkan sehingga meninggal.

Baron yang marah kemudian menyalahkan Werner. Werner kemudian berusaha melarikan diri dan melindungi keluarganya. Namun di tengah cuaca yang sangat dingin, Werner terbunuh.

Ditinggal suami, Cynthia terpaksa bersekutu dengan iblis Mephisto untuk mendapatkan kekuatan demi melindungi keluarga dan kelompoknya. Namun nyatanya, Cynthia tetap meninggal dunia.

Setelah ditinggal ibu dan ayahnya, Victor yang diwarisi kekuatan supranatural dan kepintaran dari orang tuanya memutuskan untuk menghabiskan waktu dengan ilmu pengetahuan.

Victor mempelajari berbagai macam ilmu, baik tradisional maupun supernatural. Pendalaman tersebut kemudian membawanya ke Amerika Serikat dan bertemu dengan Reed Richards.

Di Amerika Serikat, Victor kerap bereksperimen dengan berbagai ilmu pengetahuan modern maupun sihir. Hingga suatu kali, ia memergoki Reed Richards melihat rancangan percobaannya.

Richards menilai perancangan percobaan transmutasi materi dan warp dimensional karya Victor tersebut perlu diperbaiki. Namun Victor hanya merasa pria Amerika itu terlalu ikut campur dan berniat buruk kepadanya.

Ketidaksukaan Victor kepada Richards semakin menjadi setelah Richards menuai popularitas sebagai Mister Fantastic dari Fantastic Four, sementara dirinya selalu gagal dalam percobaan.

Suatu kali, Victor mengalami kecelakaan di laboratorium saat sedang eksperimen. Frustrasi, ia kemudian memilih mengasingkan diri untuk mengumpulkan kekuatan.

Musuh Bebuyutan Fantastic Four

Doctor Doom adalah musuh bebuyutan Fantastic Four, dan merupakan penjahat yang kompleks dan menakutkan yang menguasai sihir dan sains.

Doctor Doom menyembunyikan wajahnya di balik topeng setelah wajahnya terluka. Dalam beberapa variasi komik disebutkan, ia sengaja melukai dirinya sendiri.

Penjahat Ikonik di MCU

Doom dianggap sebagai salah satu penjahat paling ikonik dalam Marvel Cinematic Universe (MCU). Para penggemar buku komik telah menunggu karakter tersebut diperkenalkan kembali ke layar lebar.

Bagi pengikutnya, Doctor Doom dianggap pemimpin yang memperhatikan rakyatnya dan menjaga Latveria tetap berjalan lancar. Namun sebagian rakyat lainnya menilai ia adalah raja yang jahat yang bersedia menukar setiap nyawa demi tujuannya sendiri.

Namun Marvel menggambarkan, Doom yang sakti mandraguna memang memanfaatkan kekuatan penuh negaranya dan memperoleh keuntungan dari kekebalan diplomatik yang ia miliki.

Baca Juga: Terbukti Lakukan Kekerasan, Jonathan Majors Dipecat Marvel dari Proyek Avengers

Doctor Doom akan menjadi karakter antagonis pertama yang diperankan Robert Downey Jr di Marvel.




Avengers: DoomsdayRobert Downey Jr.Doctor DoomFakta Doctor DoomProfil Doctor DoomSejarah Doctor DoomSiapa Doctor Doom

Share to:



Modal Video 01