Stafsus Presiden, Grace Natalie Ungkap Alasan Dua Menteri Absen Rapat Bareng Jokowi di IKN

Stafsus Presiden, Grace Natalie Ungkap Alasan Dua Menteri Absen Rapat Bareng Jokowi di IKN

Stafsus Presiden, Grace Natalie Ungkap Alasan Dua Menteri Absen Rapat Bareng Jokowi di IKN

Grace Natalie Ungkap Alasan Dua Menteri Absen Rapat Bareng Jokowi di IKN (Foto: Istimewa)


Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi memimpin Sidang Kabinet Paripurna perdana di Istana Garuda, Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, pada Senin (12/8).

Namun, dua menteri absen dalam rapat kali ini, yakni Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim dan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak I Gusti Ayu Bintang Prayoga.

Baca Juga: Megawati Sebut Jokowi Minta 3 Periode, Grace Natalie Minta Bukti

Staf Khusus (Stafsus) Presiden, Grace Natalie menjelaskan bahwa Nadiem tidak dapat hadir karena izin cuti, sedangkan Bintang sedang melaksanakan tugas khusus sehingga tak hadir dalam rapat perdana itu.

“Menteri Nadiem saat ini sedang cuti karena ada urusan keluarga. Sementara bu Bintang semalam hadir di makan malam bersama [di Sumbu Kebangsaan IKN], tetapi pada pagi hari izin untuk tidak hadir melalui Seskab (Sekretaris Kabinet),” katanya kepada wartawan melalui pesan teks, Senin (12/8).

Presiden Jokowi mengawali sidang yang digelar di Istana Garuda dengan menyampaikan perkembangan dari pembangunan IKN yang diklaim olehnya menjadi sebuah kanvas yang mengukir masa depan bagi Indonesia.

Selain membahas IKN, sidang paripurna ini juga membahas beberapa isu penting lainnya. Mulai dari penurunan PMI (Purchasing Manager Index) Indonesia yang telah masuk ke level kontraksi setelah 34 bulan ekspansi berturut-turut.

Jokowi juga menekankan pentingnya belanja produk lokal, kemudahan bahan baku lokal, dan perlindungan terhadap industri dalam negeri. Selain itu, dia mendorong pencarian pasar ekspor baru untuk mengatasi perlambatan ekonomi dari mitra dagang utama Indonesia.

Baca Juga: Grace Natalie Buka Suara Usai Megawati Persoalkan Slogan 'Indonesia Maju'

Menurutnya, Sidang Kabinet Paripurna ini tidak hanya menandai dimulainya era baru di Ibu Kota Nusantara, tetapi juga menunjukkan komitmen pemerintah dalam menjaga pertumbuhan ekonomi Indonesia di tengah tantangan global yang semakin kompleks.




Grace NatalieStafsus PresidenRapat paripurna IKNJokowiNadiem MakarimBintang Prayoga

Share to:



Modal Video 01