Art Jakarta 2024 Hadir dengan Venue yang Lebih Besar

Art Jakarta 2024 Hadir dengan Venue yang Lebih Besar

Art Jakarta 2024 Hadir dengan Venue yang Lebih Besar

Media Gathering Art Jakarta 2024 (Foto: Kuyou/Andrico)


Art Jakarta kembali hadir di tahun ini untuk para pecinta seni di Indonesia. Art Jakarta 2024 akan digelar pada 4 – 6 Oktober 2024 di JIEXPO Kemayoran.

Tahun ini Art Jakarta akan menghadirkan 73 galeri terkemuka dari Indonesia dan Asia Tenggara serta mancanegara lainnya, menyajikan yang terbaik dari koleksi mereka sembari meningkatkan keseluruhan pengalaman audiens.

Baca Juga: Resmi Dibuka, Art Jakarta Gardens 2024 Bawa Nuansa Seni dan Alam yang Memukau

“Kami senang sekali dengan kembalinya para partisipan dengan antusiasme tinggi, yang menandakan kepercayaan para ekshibitor terhadap Art Jakarta. Bahkan, rekanan yang menyajikan presentasi tahun ini bertambah (4 Mitra Utama, 14 Mitra Kunci). Artinya, selain dukungan terhadap seniman semakin banyak, kemitraan Art Jakarta juga semakin luas," ucap Enin Supriyanto, Direktur Arstistik Art Jakarta 2024.

Venue yang Lebih Besar

Semakin betambahnya seniman dan galeri yang berpartisipasi membuat Art Jakarta menghadirkan venue yang lebih besar dari tahun lalu.

Di tahun ini, Art Jakarta 2024 mengisi tiga hall di JIEXPO Kemayoran, yakni B3, C3 dan C1. Hal ini lebih banyak dari tahun lalu yang hanya mengisi dua hall saja yakni, B3 dan C3.

"Hal ini juga yang merupakan alasan kami menambah hall di JIEXPO Kemayoran, dari dua menjadi tiga hall (C3 dan B3, sekarang ditambah C1). Dengan ini, kami juga ingin meningkatkan pengalaman audiens secara keseluruhan, dengan area yang diperluas, fasilitas yang lebih nyaman lagi, dan alur pameran yang lebih baik,” ungkap Enin Supriyanto di Media Gathering Art Jakarta 2024 di Artotel Suites Mangkuluhur, Jakarta, Rabu (11/9).

Highlight Partners Art Jakarta 2024

Gelaran Art Jakarta 2024 terselenggara berkat dukungan dari para partners, yakni Julius Baer, UOB, Bibit dan Treasury.

Para partners ini juga berkolaborasi dengan para seniman untuk menghadirkan karya seni di Art Jakarta, seperti Julius Baer yang berkolaborasi dengan seniman ternama, Sunaryo yang akan memamerkan karya-karyanya dalam pameran khusus, termasuk beberapa karya baru.

Kemudian UOB akan menampilkan karya seni dari 12 seniman Indonesia dan empat seniman Asia Tenggara, para pemenang kompetisi ini pada edisi- edisi yang telah lalu, di UOB Art Space di Art Jakarta 2024.

Lalu Bibit dan Stockbit akan menyajikan “Knit by Knit”, karya kolaboratif yang menjelajahi tema pengelolaan finansial melalui lensa kreatif.

Dan Treasury, memamerkan karya pemenang Treasury Art Prize dalam “Exponential Echoes” oleh Bandu Darmawan, instalasi seni interaktif yang menjelmakan gagasan bahwa emas atau kekayaan dapat menjadi sumber kebaikan besar.

Program Unggulan Art Jakarta 2024

Sama seperti penyelenggaraan sebelumnya, Art Jakarta 2024 akan kembali menghadirkan program-program unggulan, diantaranya:

1. AJ SPOT, platform untuk presentasi instalasi seni istimewa yang telah disesuaikan khusus untuk Art Jakarta, dipamerkan di area publik di dalam Pekan Raya ini. 

Art Jakarta 2024 menyajikan karya seni oleh seniman berbakat Iwan Yusuf (Nadi Gallery Jakarta), Timoteus Anggawan Kusno (Kohesi Initiatives Yogyakarta), Syaiful Garibaldi (ROH Projects Jakarta), dan Tisna Sanjaya (ArtSociates Bandung).

2. AJX, prakarsa kolaboratif antara Art Jakarta dan berbagai lembaga atau perusahaan swasta untuk menghadirkan koleksi mereka kepada masyarakat luas.

AJX menyediakan kesempatan bagi publik untuk menyaksikan banyak karya seni untuk pertama kalinya, disajikan oleh ISI Denpasar (Bali), Malaysia Pavilion (Kuala Lumpur), dan Eugene Museum (Eugene Kangawa).

3. AJ SCENE, segmen bagi kolektif seniman, studio, dan proyek untuk mempresentasikan merchandise dan publikasi mereka. Selalu menjadi bagian dari Pekan Raya yang penuh energi, SCENE menjadi platform agar entitas ini memperoleh paparan lebih luas dan menguatkan kehadiran mereka di antara audiens seni.

4. Play by UOB Indonesia, ruang yang dirancang untuk melayani kreativitas anak-anak dengan panduan oleh Ni Nyoman Sani, pemenang UOB Painting of the Year 2023, disajikan oleh UOB Indonesia.

Tahun ini Play by UOB Indonesia, bertajuk “We Are All Beautiful”, akan menggagas ruang interaktif dan dinamis di mana anak-anak dapat bermain-main dengan seni secara imajinatif.

Baca Juga: Art Jakarta 2023 Sukses Digelar, Dihadiri Lebih dari 30 Ribu Pengunjung

5. AJ TALK, platform untuk dialog antara pakar, pengamat, seniman, kolektor, dan kurator, menyediakan peluang bagi mereka untuk membagikan pengalaman dan pengetahuan dengan audiens. Tahun ini AJ Talk menghadirkan antara lain Hyphen–, Galeri Nasional, Penerbit Gang Kabel, IVAA (Indonesian Visual Art Archive), dan UOB Indonesia.

Untuk tiket sendiri akan tersedia mulai pada 20 September 2024, hanya di artjakarta.com.




Art Jakarta 2024Venue Art Jakarta 2024Tiket Art Jakarta 2024Program Art Jakarta 2024

Share to:



Modal Video 01