Orientasi Kewartawanan dan Keorganisasian PWI Jaya Diikuti Puluhan Wartawan Ibu Kota

Orientasi Kewartawanan dan Keorganisasian PWI Jaya Diikuti Puluhan Wartawan Ibu Kota

Orientasi Kewartawanan dan Keorganisasian PWI Jaya Diikuti Puluhan Wartawan Ibu Kota

Orientasi Kewartawanan dan Keorganisasian (OKK) PWI Jaya pada Jumat, (11/10) di 9 Gedung Prasada Sasana Karya.


Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jaya kembali gelar Orientasi Kewartawanan dan Keorganisasian (OKK) pada Jumat, (11/10) di Markas PWI Jaya yang berlokasi di 9 Gedung Prasada Sasana Karya. Acara ini diikuti oleh puluhan wartawan dari berbagai media Ibu Kota. 

Kegiatan ini digelar sebagai upaya untuk meningkatkan profesionalisme dan pemahaman wartawan terkait etika jurnalistik serta organisasi wartawan.

OKK PWI Jaya angkatan ke-18 sesi kedua ini dihadiri oleh sekitar  35 orang peserta. Narasumber yang hadir menyampaikan materi diantaranya Kadirah, Wakil Ketua Bidang Pembinaan Daerah; Machroni ‘Ronny’ Kusuma, anggota Dewan Kehormatan PWI Jaya; dan Indra Utama, Wakil Ketua Bidang Pendidikan.

Baca juga: "Kehilangan" Jadi Alasan Putri Marino Bintangi Film Tebusan Dosa

Wakil Ketua Bidang Pembinaan Daerah, Kadirah menjelaskan bahwa bergabung dengan sebuah organisasi wartawan merupakan perintah negara. Aturan menyebutkan seorang wartawan wajib bergabung dengan organisasi wartawan agar bisa terlindungi.

"Negara mewajibkan untuk masuk (organisasi wartawan) supaya terlindungi," ucap Kadirah, Wakil Ketua Bidang Pembinaan Daerah di Markas PWI DKI Jakarta 

Selain itu, Anggota Dewan Kehormatan PWI Jaya, Roni Kusuma, menekankan pentingnya menjunjung tinggi kode etik jurnalistik dalam praktik sehari-hari. 

"Kode etik atau etik itu adalah ikrar dari kita sebagai anggota organisasi untuk menjalankan apa yang sudah ditetapkan oleh organisasi," kata Roni Kusuma di hadapan para peserta. 

"Kredibilitas dan integritas seorang wartawan terletak pada kemampuannya untuk mematuhi kode etik jurnalistik, terutama dalam era dimana disinformasi mudah menyebar," sambungnya. 

Selanjutnya Wakil Ketua Bidang Pendidikan PWI Jaya, Indra Utama, yang memberikan pemaparan terkait pengembangan kapasitas wartawan di era digital saat ini. Ia menekankan pentingnya peningkatan kompetensi agar wartawan tidak hanya mampu melaporkan berita, tetapi juga memahami strategi digital penyebaran produk jurnalistik. 

Tubagus Adhi, Wakil Ketua Bidang Kesejahteraan PWI Jaya dalam sambutannya mengucapkan terima kasih atas kehadiran para peserta yang nantinya akan menjadi anggota baru PWI Jaya. 

"Terima kasih kepercayaan yang diberikan bapak, ibu, adik-adik sekalian atas PWI Jaya. Mudah-mudahan ini pilihan terbaik teman-teman," ucap Tubagus Adhi, Wakil Ketua Bidang Kesejahteraan PWI Jaya di Jakarta 11 Oktober 2024. 

Baca juga: Datangi Komnas Perempuan, Kimberly Ryder Adukan Edward Akbar Terkait KDRT

Diharapkan, melalui kegiatan ini, para jurnalis dapat meningkatkan kualitas dan integritas dalam menjalankan tugasnya sebagai pengawal informasi publik. Sehingga bisa memperkuat peran wartawan sebagai pilar keempat demokrasi.  

Dengan kehadiran pemateri yang kompeten dan antusiasme peserta yang tinggi, acara orientasi ini diharapkan mampu memberikan dampak positif bagi perkembangan dunia jurnalistik di Indonesia, khususnya di Jakarta.




PWIPersatuan Wartawan IndonesiaOrientasi Kewartawanan dan KeorganisasianPWI JayaTubagus Adhi

Share to:



Modal Video 01