Biodata dan Profil Tito Karnavian: Umur, Karier dan Kekayaan, Jabat Mendagri Dua Periode

Biodata dan Profil Tito Karnavian: Umur, Karier dan Kekayaan, Jabat Mendagri Dua Periode

Biodata dan Profil Tito Karnavian: Umur, Karier dan Kekayaan, Jabat Mendagri Dua Periode

Biodata dan Profil Tito Karnavian (Foto: Instagram @titokarnavian)


Tito Karnavian adalah sosok Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia (Mendagri RI)  di Kabinet Merah Putih Prabowo-Gibran periode 2024-2029.

Tito Karnavian sendiri diketahui telah menjabat sebagai Mendagri selama dua periode, dari masa pemerintahan Jokowi-Amin 2019-2024.

Baca Juga: Biodata dan Profil Muhaimin Iskandar aka Cak Imin, Mantan Lawan Jadi Menteri Koordinator Prabowo-Gibran

Seperti apa sosoknya? Berikut adalah biodata dan profil dari Tito Karnavian yang telah tim Kuyou rangkum.

1. Profil dan Kekayaan Tito Karnavian

Tito Karnavian lahir di Palembang, Sumatera Selatan, 26 Oktober 1964. Umur Tito Karnavian saat ini adalah 60 tahun dan ia menganut agama Islam.

Menilik laporan harta kekayaan penyelenggara negara (LHKPN) yang disampaikan pada 16 Maret 2024, Tito Karnavian tercatat memiliki total harta kekayaan sebanyak Rp25,89 miliar.

2. Karier Kepolisian Tito Karnavian

Tito dikenal sebagai ahli dalam bidang antiterorisme. Salah satu momen penting dalam kariernya adalah saat ia bertugas di Detasemen Khusus 88 (Densus 88) Anti-Teror Polri, di mana ia terlibat dalam operasi besar, termasuk operasi yang menumpas jaringan teroris Jamaah Islamiyah dan menangkap tokoh teroris besar seperti Dr. Azahari dan Noordin M. Top.

Tito menjabat sebagai Kapolda Papua pada tahun 2012, di mana ia menangani situasi keamanan di wilayah yang penuh tantangan. Pada tahun 2015, ia diangkat menjadi Kapolda Metro Jaya, salah satu jabatan penting di Polri, di mana ia memimpin penanganan sejumlah kasus besar termasuk aksi-aksi terorisme di Jakarta.

Pada Maret 2016, Tito diangkat sebagai Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), memperkuat reputasinya sebagai ahli dalam penanganan terorisme.

Puncak karier Tito adalah ketika ia dilantik sebagai Kapolri pada Juli 2016 oleh Presiden Joko Widodo, menggantikan Jenderal Badrodin Haiti. Tito menjabat sebagai Kapolri hingga tahun 2019, selama masa jabatan tersebut, ia menghadapi berbagai isu keamanan nasional, termasuk pengamanan Pemilu 2019.

3. Pendidikan Tito Karnavian

Tito Karnavian lulus dari Akademi Kepolisian (Akpol) pada tahun 1987 sebagai lulusan terbaik (Adhi Makayasa). Ia melanjutkan pendidikan di berbagai institusi, termasuk meraih gelar master dari University of Exeter, Inggris, dan gelar doktor dari RSIS, Nanyang Technological University, Singapura.

4. Mendagri Dua Periode

Setelah pensiun dari kepolisian, Tito Karnavian diangkat sebagai Menteri Dalam Negeri dalam Kabinet Indonesia Maju pada Oktober 2019.

Dalam Kabinet Merah Putih, Presiden Prabowo Subianto masih mempercayakan jabatan Mendagi kepada Tito Karnavian.

Baca Juga: Biodata dan Profil Agus Harimurti Yudhoyono, Ketum Demokrat Jadi Menteri Koordinator Prabowo-Gibran

5. Biodata Tito Karnavian

Nama lengkap:Muhammad Tito Karnavian
Nama panggung:Tito Karnavian
Kota asal:Palembang, Sumatera Selatan
Tanggal lahir:26 Oktober 1964
Umur:60 tahun
Agama:Islam
Istri:Tri Suswati
Anak:3
Profesi:Menteri
Akun Instagram:

@titokarnavian




Tito KarnavianBiodata Tito KarnavianProfil Tito KarnavianKarier Tito KarnavianMenteri Dalam NegeriKabinet Merah PutihKekayaan Tito Karnavian

Share to:



Modal Video 01