Biodata dan Profil Sugiono: Umur, Agama dan Karier, 'Tangan Kanan' Prabowo Jadi Menlu

Biodata dan Profil Sugiono: Umur, Agama dan Karier, 'Tangan Kanan' Prabowo Jadi Menlu

Biodata dan Profil Sugiono: Umur, Agama dan Karier, 'Tangan Kanan' Prabowo Jadi Menlu

Biodata dan Profil Sugiono (Foto: Instagram @sugiono_56)


Yuk simak biodata dan juga profil dari Sugiono lengkap umur, agama dan kariernya, sosok 'tangan kanan' Prabowo yang ditunjuk menjadi Menteri Luar Negeri.

Sugiono adalah sosok Menteri Luar Negeri Republik Indonesia (Menlu RI) di Kabinet Merah Putih Prabowo-Gibran periode 2024-2029.

Sugiono disebut juga sebagai 'tangan kanan' Prabowo karena kedekatannya dengan Presiden RI ke-8 tersebut.

Baca Juga: Biodata dan Profil Tito Karnavian, Jabat Menteri Dalam Negeri Dua Periode

Penasaran dengan sosoknya? Yuk simak biodata dan juga profil dari Sugiono.

1. Profil dan Kekayaan Sugiono

Sugiono lahir di Takengon, Aceh Tengah, 11 Februari 1979. Umur Sugiono adalah 45 tahun dan ia menganut agama Islam.

Menurut laman elhkpn.kpk.go.id, Sugiono memiliki total kekayaan sebesar Rp10,99 miliar berdasarkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) yang disampaikan pada 27 Mei 2024 untuk laporan periodik tahun 2023 ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Kekayaan ini mencakup empat bidang tanah dan bangunan yang tersebar di Bogor, Jakarta Selatan, dan Gianyar, dengan nilai Rp8,56 miliar yang bersumber dari hasil sendiri.

2. Karier Sugiono

Sugiono merupakan mantan anggota TNI-AD dengan pangkat terakhir Letnan Satu di Satuan Infanteri. Ia pernah menjadi Prajurit Komando Pasukan Khusus (Kopassus). Ia juga merupakan lulusan  SMA Taruna Nusantara Magelang, Jawa Tengah.

Sugiono terjun ke dunia politik dengan bergabung bersama Partai Gerindra. Di Gerindra, Sugiono menduduki beberapa posisi penting, seperti Wakil Ketua Umum Bidang Kaderisasi dan Informasi Strategis DPP Partai Gerindra (2014-2020), Anggota Dewan Pembina DPP Partai Gerindra (2014-2020).

Direktur Kampanye Badan Pemenangan Nasional Prabowo Subianto-Sandiaga Uno dan Wakil Ketua Harian DPP Partai Gerindra (2020–2025)

Pada Pemilu 2019, Sugino berhasil menjadi Anggota DPR RI dan ditugaskan di Komisi I DPR. Ia juga menjabat sebagai Wakil Ketua Komisi I DPR.

3. 'Tangan Kanan' Prabowo

Sugiono kemudian menjadi dekat dengan Prabowo Subianto dan dipercaya untuk menjadi Sekretaris Pribadi Prabowo Subianto. Kedekatan inilah yang membuat Sugiono dicap menjadi 'tangan kanan' Prabowo.

4. Menlu Bukan dari Diplomat

Untuk pertama kalinya sejak tahun 2001, seorang Menteri Luar Negeri bukan berasal dari kalangan diplomat. Melainkan kalangan militer dan politisi.

Baca Juga: Biodata dan Profil Muhaimin Iskandar aka Cak Imin, Mantan Lawan Jadi Menteri Koordinator Prabowo-Gibran

5. Biodata Sugiono

Nama lengkap:Sugiono
Kota asal:Takengon, Aceh Tengah
Tanggal lahir:11 Februari 1979
Umur: 45 tahun
Agama:Islam
Istri:Marlyn Maisarah
Anak:1
Pendidikan:SMA Taruna Nusantara, S-1 Teknik Komputer, Universitas Norwich, S-2 Magister Manajemen dan Magister Bisnis, University of Konstanz
Profesi:Menteri, Politisi
Akun Instagram:

@sugiono_56




SugionoBiodata SugionoProfil SugionoKarier SugionoSugiono MenluMenteri Luar NegeriKekayaan Sugiono

Share to:



Modal Video 01