Musim kedua Squid Game kembali mencuri perhatian dunia, membuktikan popularitasnya yang tak surut sejak musim perdana. Namun, kesuksesan serial ini menimbulkan spekulasi tentang pendapatan fantastis yang diraih Netflix. Menurut laporan The Korea Times pada Jumat (3/1/2025), lembaga riset lokal K EnterTech Hub memperkirakan bahwa Netflix memperoleh pendapatan hingga 1,5 triliun won (lebih dari Rp16 triliun) dari tujuh episode Squid Game 2.
Perkiraan tersebut didasarkan pada analisis pendapatan musim pertama, yang disebut menghasilkan 40 kali lipat dari biaya produksinya sebesar 25 miliar won. Dengan asumsi biaya produksi musim kedua mencapai 100 miliar won, lembaga riset tersebut menyimpulkan potensi keuntungan Netflix dalam jumlah besar.
Namun, Netflix dengan tegas membantah klaim tersebut. Dalam pernyataannya, Netflix menjelaskan bahwa struktur pendapatan mereka tidak memungkinkan perhitungan berdasarkan penayangan atau durasi tontonan seperti yang dilakukan pada box office atau layanan video-on-demand. Sebagai platform berbasis langganan bulanan, pendapatan Netflix bergantung pada jumlah pelanggan, bukan performa satu karya tertentu.
“Estimasi semacam itu tidak mencerminkan realitas bisnis kami. Tidak ada informasi resmi yang dapat digunakan untuk menghitung pendapatan moneter dari sebuah tayangan tertentu. Kami khawatir analisis keliru ini bisa memicu kesalahpahaman publik terkait struktur bisnis Netflix,” ungkap pihak perusahaan.
Sementara itu, Squid Game 2 mencetak rekor baru dengan meraih 68 juta penonton dalam empat hari pertama penayangannya. Capaian ini menjadikannya debut terbesar dalam sejarah Netflix, mengalahkan rekor sebelumnya yang dipegang oleh Wednesday pada 2022 dengan 50,1 juta penonton.
Share to:
Related Article
-
Jadi Wanita Tercantik Sedunia 2020, Ini 8 Potret 'Son Ye Jin' yang Jadi Sorotan
Son Ye Jin|June 10, 2020 17:55:15