5 Manfaat Kopi Yang Belum Kamu Ketahui Selain Untuk di Minum

5 Manfaat Kopi Yang Belum Kamu Ketahui Selain Untuk di Minum

5 Manfaat Kopi Yang Belum Kamu Ketahui Selain Untuk di Minum

Foto:Istimewa


wah sudah pada tahu belum? kalau Kopi merupakan minuman yang berasal dari biji kopi yang telah disangrai dan dihaluskan. Biasanya sih, kopi paling nikmat diminum pada saat pagi hari atau kalau tidak sore hari juga nikmat dengn ditemani sepiring pisang goreng, ya. Bahkan di Zaman sekarang, kopi menjadi minuman favorit orang banyak. Banyak kedai yang menyajikan berbagai varian kopi. Tapi Sob, kalian tahu nggak, kalau kopi ternyata memiliki banyak manfaat? Mau tahu apa aja manfaat kopi selain untuk minuman? Dirangkum dari beberapa sumber, berikut ini manfaat dari kopi yang perlu kalian tahu:

1. Mengusir Semut

Foto: Istimewa

Kehadiran semut di rumah sangat mengganggu ya. Semut biasanya masuk kedalam makanan dan minuman, bahkan ada semut yang menggigit dan menyebabkan gatal. Tapi  semut bukan hanya datang karena makanan dan minuman manis saja loh, bisa saja karena ada bangkai serangga yang mati.

Biasanya untuk mengusir semut menggunakan pembasmi serangga berbahan kimia ya, Sob. Tapi, ternyata ampas kopi bisa digunakan untuk membasmi semut, lho. Dari beberapa percobaan yang telah dilakukan, ternyata semut tidak suka dengan aroma kopi. Jadi, kalian bisa gunakan ampas kopi untuk mengusir semut, dengan menyebarkan di bagian rumah kalian yang banyak dirubungi semut.

2. Menghilangkan Bau Tidak Sedap

Foto:Istimewa

Salah satu manfaat kopi lainnya yaitu untuk menghilangkan bau tak sedap seperti bau amis pada kulkas, bau apek pada lemari dan bau di bagian dalam sepatu.

Untuk menghilangkan bau tidak sedap di dalam lemari, tuang bubuk kopi pada mangkuk kecil, kemudian letakkan mangkuk tersebut di sudut bagian dalam lemari. Sementara itu, manfaat kopi untuk menghilangkan bau pada sepatu bisa kamu lakukan dengan meletakkan biji kopi pada kantong atau kain berjaring kecil, kemudian masukkan ke dalam sepatu. Manfaat kopi yang satu ini akan memberikan efek dalam waktu setengah hari. Untuk mendapat hasil yang maksimal dari manfaat kopi ini, gantilah biji kopi secara berkala.

3. Membersihkan Wajan yang Kotor

Foto:Istimewa

Pada saat memasak, pasti wajan yang digunakan akan kotor. Bahkan kotoran itu bisa mengeras dan sulit untuk dibersihkan. Nah Sob, kalian bisa nih menggunakan kopi untuk menghilangkan noda kotoran tersebut.

Cara menggunakan manfaat kopi ini pun tidak sulit. Kalian hanya perlu menuangkan ampas kopi ke bagian wajan yang kotor. Setelah itu, gosok wajan menggunakan spons. Setelah wajan kembali bersih sempurna, bilaslah menggunakan air dan sabun. Jangan ragu untuk mengulangi proses di atas jika masih ada kotoran tertinggal, ya!

4. Membuat Tanaman Lebih Subur

Foto:Istimewa

Selain dapat dikonsumsi oleh manusia, ternyata kopi memiliki manfaat lho, untuk tumbuhan. Nutrisi yang terkandung pada kopi setara dengan pupuk, wah bisa untuk tanaman nih ya.

Nah, jadi kalian bisa nih, setelah minum kopi ampasnya digunakan untuk pupuk tanaman. Bisa lebih hemat, kan! Caranya pun gampang banget nih, kalian hanya perlu menebarkan ampas kopi ke tanah di sekeliling tanaman kalian, setelah itu diaduk sedikit agar tercampur kopi dan tanahnya.

5. Mengatasi Debu

Foto:Istimewa

Membersihkan debu di rumah memang membutuhkan kesabaran yang ekstra ya. Masalahnya, debu yang sudah dibersihkan menggunakan sapu bisa saja kembali karena terbawa angin. Namun, jangan khawatir karena manfaat kopi yang satu ini ampuh untuk menyingkirkan debu di rumah.

Ampas kopi mampu mengikat debu sehingga tidak beterbangan dan lebih mudah untuk disingkirkan. Kopi juga mengandung senyawa anti-bakteri sehingga rumah akan menjadi lebih bersih. Manfaat kopi yang satu ini cukup menarik, ya!

Nah, itu beberapa manfaat unik lain dari kopi. yang biasa di minum wah Cukup banyak ya. Selamat mencoba di rumah!




KopiKopi IndonesiaManfaat kopiPencinta Kopi

Share to: