Ingin Memulai Bisnis Online Shop? Yuk Simak 3 Tips Penting dari Alibaba Ini

Ingin Memulai Bisnis Online Shop? Yuk Simak 3 Tips Penting dari Alibaba Ini

Ingin Memulai Bisnis Online Shop? Yuk Simak 3 Tips Penting dari Alibaba Ini

Jack Ma


Memulai bisnisn apalagi secara online memang membutuhkan niat dan target yang tepat. Jika sudah besar, kesuksesan kita bahkan dapat menjadi pundi-pundi uang untuk orang lain.

Bahkan perusahaan eCommerce terbesar dan paling sukses pun memiliki sesuatu yang dapat digunakan toko online kecil dan menengah untuk keuntungan mereka. 

Untuk kamu yang ingin menjalani atau tengah menjalani bisnis onlie shop, berikut tips yang harus kamu ketahui dari pemilik perusahaan online terbesar saat ini, Alibaba, seperti dilansir dari shiptimize.me. 

1. Kenali pelangganmu

Untuk perusahaan multinasional yang sukses, mudah untuk melihat satu pola: pelanggan selalu menjadi yang utama. 

Sementara beberapa perusahaan memilih untuk fokus pada produk mereka dan kehilangan fokus pada target audiens mereka, yang lain berhasil dengan melakukan yang sebaliknya. Kamu harus memperdalam pengetahuannya tentang target pasar tempat kamu beroperasi serta mengetahui kebutuhan dan keinginan masyarakat. 

Fokus pertama pada kepuasan pelanggan dan kedua pada kerja tim. Minat pemegang saham menempati urutan ketiga karena mereka adalah hasil, bukan input. " - Jack Ma, ketua Alibaba

2. Perbagus Review

Membeli secara online memiliki banyak pro dan kontra. Di satu sisi membeli sesuatu secara online adalah hal yang mudah karena hanya dengan mengerakan jari-jarimu. 

Namun, ada kesulitan untuk mengubah atau mengembalikan produk jika sampai kepada konsumen tidak sesuai harapan. Maka dari itu, masih banyak konsumen yang masih merasa tidak aman untuk membeli online, karena mereka tidak tahu apa yang diharapkan dari produk tersebut. Tapi Alibaba sudah menyelesaikan masalah terakhir ini.

Bagaimana caranya? Sangat sederhana! Dengan mendorong umpan balik (riview) pelanggan dalam format kritis atau tanda baca, menawarkan diskon dan kupon untuk produk lain.

Studi menunjukkan bahwa 70% konsumen membaca ulasan sebelum membeli sesuatu secara online dan 79% pembeli mempertimbangkan ulasan online sebaik rekomendasi pribadi.

Tak hanya itu, sekitar 67% pembeli membaca hingga 6 ulasan sebelum mereka merasa mereka bisa memercayai perusahaan untuk melakukan pembelian. 

Jadi, selain meningkatkan keamanan dalam pembelian, ulasan juga menciptakan kepercayaan pada merek daganganmu. Jadi dengan mendorong ulasan, kamu melakukan investasi yang baik untuk jangka panjang.

3. Buat website sendiri

Salah satu faktor paling khas Alibaba adalah kemampuannya untuk berinovasi dan membuat keputusan yang cerdas dan berharga. Alibaba berupaya menciptakan platform seluler yang sangat intuitif dan mudah digunakan, merekonsiliasikan diri sebagai perusahaan referensi eCommerce terkemuka di Cina dan perusahaan eCommerce terkemuka di dunia.

Tak hanya itu, selain lebih dari setengah populasi dunia yang memiliki perangkat seluler, diperkirakan pada tahun 2020, 45% dari semua e-commerce dibuat dari ponsel cerdas dan tablet.

Jadi hari ini, lebih penting untuk memiliki situs web untuk daganganmu sendiri. Atau, jika kamu percaya bahwa suatu aplikasi lebih bermanfaat bagi bisnis (deperti shopee, tokopedia dan lain sebagainya), pastikan itu menambah nilai bagi pelangganmu. 




AlibabaTips Belanja OnlineTips Buka Online ShopTip Jualan di ShopeeAlibaba

Share to: