Mobil Kotor Terendam Banjir? Intip yuk 5 Cara Membersihkannya

Mobil Kotor Terendam Banjir? Intip yuk 5 Cara Membersihkannya

Mobil Kotor Terendam Banjir? Intip yuk 5 Cara Membersihkannya

Foto: Istimewa


Bencana banjir memang  bisa datang kapan saja dan paling sering terjadi ketika memasuki musim penghujan. 

Terjadinya banjir dapat menghambat aktivitas masyarakat. Bahkan banjir juga membuat jalanan sulit untuk dilalui kendaraan hingga akhirnya mogok di tengah jalan. 

Bagi kalian yang memiliki mobil, tentunya kondisi ini tentu membuat rugi karena harus memperbaiki mobil rusak akibat banjir. Selain mobil rusak, biasanya kabin mobil akan basah dan kotor karena dipenuhi lumpur hingga sampah yang terbawa arus banjir. 

Tapi, jangan khawatir! Berikut ini cara membersihkan mobil yang kotor akibat terendam banjir. Yuk Disimak!

1. Jok Mobil

Foto: Istimewa

Diketahui bahwa jok mobil terbuat dari bahan spons yang membuat air banjir langsung mudah terserap. Solusi terbaik adalah keluarkan jok mobil dan keringkan di bawah sinar matahari siang. Kain pelapis jok juga perlu dicuci supaya bersih dan wangi.

2. Panel Pintu

Foto: Istimewa

Selain jok, lepaskan juga panel-lanel pada pintu dan dasbor mobil. Khusus membongkar dasbor mobil biasanya akan bervariasi sesuai usia dan pabrikan kendaraan.

Jadi, kamu disarankan untuk menyiapkan obeng dan alat pelepas trim yang berbeda. Lakukan tanpa terburu-buru dan teliti.

3. Karpet Mobil

Foto: Istimewa

Bagian pertama mobil yang harus dibersihkan setelah terendam banjir adalah bagian lantai dan karpet.Jika tidak cepat dibersihkan, bekas air dan lumpur banjir bisa membuat karpet mobil menjadi bau apek.

4. Plafond

Foto: Istimewa

Plafond atau bagian langit-langit mobil juga harus dibersihkan secara detail. Untuk itu, cobalah bersihkan dengan sikat lembut dan sabun agar tidak merusak permukaan plafond.

5. Pasang Kembali dengan Rapi

Foto: Istimewa

Tips terakhir membersihkan mobil kotor akibat terendam banjir adalah pastikan semua interior mobil yang dilepaskan, terpasang lagi dengan rapi.




banjirbersihkan mobil terendam banjirbanjir jakartacara bersihkan mobil

Share to: