Perjalanan Karier Didi Kempot, Dari Penyanyi Jalanan Hingga Dikenal Dunia

Perjalanan Karier Didi Kempot, Dari Penyanyi Jalanan Hingga Dikenal Dunia

Foto

Foto: Instagram


Saat ini nama Didi Kempot tentunya tak asing lagi di kalangan masyarakat. Namun, sebelum sukses seperti sekarang dirinya sempat menjadi penyanyi jalanan,lho!

Didi Kempot memulai kariernya sebagai musisi jalanan. Nama Kempot di namanya mempunyai hubungan dengan asal-usul perjalanan musiknya. Apa sih arti nama Kempot?

Saat ditemui, Didi mengaku bahwa sebelum masuk ke dunia rekaman dirinya sempat menjadi penyanyi jalanan atau lebih dikenal dengan Kelompok Penyanyi Trotoar (Kempot). 

Penyanyi yang dijuluki The Godfather of Broken Heart ini lahir dari keluarga seniman. Ayahnya adalah Ranto Edi Gudel pemain ketoprak di Jawa Tengah. Ibunya Umiyati Siti Nurjanah, penyanyi tradisional di Ngawi. Kakaknya adalah Mamiek Prakoso, pelawak yang tenar lewat grup Srimulat.

Bahkan Didi meyakini jalan yang dipilih bisa menghidupinya setelah berkaca dari apa  yang ia rasakan sendiri. Dimana sang kakak mengambil jalur lawak, sedangkan dirinya meneruskan apa yang telah ditempuh oleh ibunya. 

Atas perjuangannya, kini nama Didi Kempot tenar di negara Suriname dan Belanda. Dia beberapa kali memenangi anugerah musik nasional di Suriname.

Lagu "Cidro" menjadi awal kepopulerannya di negara Amerika Selatan bekas jajahan Belanda itu.




Didi Kempotkonser didi kempotThe Godfather of Broken Heartkempot

Share to: