Ini Kata Dokter Tirta Tentang Penggunaan Masker di Tengah Wabah Virus Corona

Ini Kata Dokter Tirta Tentang Penggunaan Masker di Tengah Wabah Virus Corona

Ini Kata Dokter Tirta Tentang Penggunaan Masker di Tengah Wabah Virus Corona

Dr. Tirta (Foto: dok. Instagram)


Pengusaha sekaligus influencer yang akrab di telinga para pecinta sneakers, dr. Tirta baru saja menyumbangkan Rp 200 juta untuk masker di tengah wabah virus corona di tanah air ini.

Hal ini diungkapkannya lewat vlog dalam akun YouTube Deddy Corbuzier berjudul "DOKTER TIRTA GAK NGEGAS LOE GAK DENGER."

Dalam video tersebut diketahi bahwa dokter yang tengah beralih menjadi pengusaha ini meyumbangkan ribuan masker secara pribadi. 

"Nah, masker ini dipake untuk yang sakit doang atau semuanya?" tanya Deddy Corbuzier.

Dr. Tirta pun menegaskan kesalahpahaman yang masih sering terjadi di Indonesia tentang penggunaan masker yang kini tengah langkah.

"Saya ingin meluruskan bahwa masker itu dari dulu anjurannya, dari WHO dan beberapa tenga medis, harusnya (digunakan) untuk orang yang sakit, tenaga medis dan orang beresiko," jekasnya.

Baginya, beberapa orang yang beresiko ini meski sedang tidak sakit namun tetap membutuhkan masker tersebut.

"Orang yang beresiko ini adalah orang yang bekerja di tempat lalu lalang dan ketemu orang setiap hari. Seperti shopkeeper, polisi, tentara, (pekerja) bandara," ujarnya.

Dengan begitu, dr. Tirta juga  menyarankan bahwa pekerja yang berpergian dengan transportasi pribadi tidak disarankan untuk menggunakan masker.

"Tapi kalau orang sehat dan tidak beresiko, seperti dateng ke kantor trus pulang, tidak pakai transport umum. Mereka hanya butuh jaga kebersihan. Cuci tangan yang benar," katanya.

Selain itu, pria bernama lengkap Tirta Mandira Hudhi ini juga tengah menjadi perbincangan karena menolak lockdown secara keras di Indonesia.




dr. TirtaSaran dr. Tirtadr. Tirta lawan corona

Share to: