Jangan Asal Beli, Perhatikan Hal Ini Sebelum Membeli Hand Sanitiser

Jangan Asal Beli, Perhatikan Hal Ini Sebelum Membeli Hand Sanitiser

Jangan Asal Beli, Perhatikan Hal Ini Sebelum Membeli Hand Sanitiser

Sanitiser (Foto: The Indian Express)


Wabah global COVID-19 telah menyebabkan ketakutan yang meluas, hingga membuat orang-orang mengambil tindakan proaktif untuk tetap merasa aman. 

Saat ini, rajin menggunakan hand sanitiser yang sesuai kebijakan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), adalah cara yang cukup baik untuk menjauhkan virus dan menjaga kebersihan pribadi. Namun hal ini membuat banyak orang panik hinga saat ini gel pembersih tangan menjadi langka dan sangat mahal.

Centre for Disease Control (CDC) menyarankan agar orang mencuci tangan dengan sabun dan air di saat-saat seperti sebelum dan sesudah makan, merawat orang yang sakit, menyentuh permukaan yang mungkin terkontaminasi, bermain dengan hewan peliharaan, dll. 

Tetapi, jika mencuci tidak mungkin, mereka idealnya menggunakan sanitiser tangan dengan setidaknya 60 persen kandungan alkohol, untuk menghindari risiko sakit dan menyebarkan infeksi kepada orang lain.

Tetapi sebelum kamu menghabiskan uang untuk membeli beberapa botol, kamu perlu memahami beberapa hal. 

Salah satunya adalah bahwa meskipun pembersih tangan berbasis alkohol dapat dengan cepat mengurangi jumlah mikroba di tangan, itu tidak dapat menghilangkan semua jenis kuman!

Namun, CDC mengatakan bahwa ada penelitian yang menunjukkan bahwa sanitiser dengan konsentrasi alkohol antara 60 dan 95 persen, lebih efektif dalam memusnahkan kuman dibandingkan mereka yang memiliki konsentrasi alkohol lebih rendah. Ada juga pembersih tangan berbasis non-alkohol, yang sejujurnya tidak akan memenuhi tujuan kita semua saat ini.

Sebagian besar sanitiser tangan memiliki tanggal kedaluwarsa, lebih-lebih ketika ada alkohol di dalamnya. Kamu harus menyimpan dan menggunakan produk dengan ini baik. Pasalnya, alkohol mudah menguap, cenderung menguap perlahan seiring waktu. 

Ini berarti bahwa sanitiser akan kehilangan kemampuannya untuk menangkal infeksi dan melawan bakteri, virus, dan kuman lainnya jika sudah menguap.

Jadi usahakan untuk selalu mencuci tangan dengan air dan sabun. Ketika kamu menyentuh sesuatu saat bepergian dan tidak memiliki akses air dan sabun, saat itulah kamu dapat menggunakan sanitiser. 

Dapat digunakan kapan saja dan di mana saja, gel pembersih tangan harus disimpan dengan benar, jauh dari panas, dan di tempat yang dingin.




Tips membeli hansanitiserHand SanitiserVirus Corona

Share to: