Cara Buat Jamu Empon-Empon Untuk Cegah Virus Corona

Cara Buat Jamu Empon-Empon Untuk Cegah Virus Corona

Foto

Foto : Istimewa


Meningkatnya jumlah korban di Indonesia yang terjangkit virus corona tidak dapat dipungkiri meningkatkan kecemasan masyarakat.  

Terbukti dengan permintaan masker dan hand sanitizer yang meningkat,  serta empon-empin atau rempah-rempah pembuat jamu yang diburu oleh masyarakat saat ini.  

Empon-empon adalah rimpang yang digunakan sebagai ramuan tradisional antara lain temulawak, jahe, lengkuas, kencur, kunyit, dan adas.

 

Dilansir dari berbagai sumber,  Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini mengatakan jika Universitas Airlangga Surabaya telah melakukan penelitian terkait cara menangkal penyebaran virus corona yakni dengan mengonsumsi empon-empon.

Dengan mengonsumsi empon-empon, dipercaya dapat meningkatkan sistem imun tubuh.  Nah, untuk kamu yang ingin mencoba membuat jamu empon-empon? Yuk simak caranya di bawah ini.

1. Jahe,  Lengkuas, kencur, kunyit dan adas tumbuk halus

Cara pertama untuk membuat jamu empon-empon,  kalian hanya perlu menumbuk temulawak,  jahe, lengkuas, kencur, kunyit dan adas hingga halus. 

2. Seduh Menggunakan Air Panas

Setelah menumbuk secara halus, seduhlah menggunakan air panas.  

3. Ambil cairan empon-empon 

Sesudah menyeduhnya, ambil cairan empon-empon dengan menyaring ampasnya dan sajikan hangat-hangat.

Setelah mengikuti tiga cara diatas,jamu empon-empon ini bisa langsung diminum. Namun jika kamu ingin menambah cita rasanya sedikit, bisa ditambahkan gula sesuai selera.

Gula yang digunakan pun tergantung dengan selera kita. Bisa menggunakan gula pasir, gula merah, ataupun gula batu. Cukup sederhana bukan? Kita bisa mengonsumsi empon-empon ini sesering mungkin, misalnya pagi, siang, dan malam hari.




Jamu cegah coronaJamu empon-emponVirus coronaCovid-19

Share to: