5 Fakta Hari Raya Nyepi di Bali, Unik Banget!

5 Fakta Hari Raya Nyepi di Bali, Unik Banget!

5 Fakta Hari Raya Nyepi di Bali, Unik Banget!

Foto: Instagram


Halo sobat,  hari raya nyepi tentunya tidak asing lagi dibenak kita,bukan! Meski begitu,  banyak yang tidak tahu bahwa ada beberapa fakta unik tentang raya agama Hindu ini.  

Usai mengetahui 5 fakta hari raya Nyepi,  kamu bakal lebih menghargai perayaan hari raya nyepi yang dilangsungkan hari ini,  25 Maret 2020.

Seperti diketahui di Indonesia sendiri, perayaan Nyepi paling banyak dirayakan oleh warga Bali.

Penting untuk diketahui disaat hari raya Nyepi berlangsung, umat Hindu akan berhenti dari segala aktivitas duniawi diantaranya tidak bekerja, tidak bepergian, tidak menyalakan api, dan tidak bersenang-senang selama 1 hari alias di rumah seharian.

Lalu apa saja sih 5 fakta tentang hari raya Nyepi? Yuk simak 5 fakta tentang Nyepi di Bali berikut ini!

1. Malam bertabur bintang

Di malam hari saat perayaan hari raya Nyepi memberikan sensasi tersendiri bagi wisatawan. Karena bersihnya dari polusi cahaya di malam hari, maka bintang-bintang di langit akan terlihat sangat jelas jika tidak mendung.

2. Harga Hotel lebih murah

Banyak yang tidak tahu lho saat Nyepi justru hotel di Bali makin murah harganya. Biasanya penurunan harga hotel ini mencapai 50 persen dari harga biasa.

3. Banyak wisatawan

Pasti kamu beranggap kalau saat Nyepi di Bali itu akan sepi wisawatan,  itu salah.  Justru saat merayakan Nyepi, Bali tetap ramai akan wisatawan. Banyaknya wisatawan yang datang karena ingin melihat secara langsung apa saja tradisi umat Hindu di Bali saat Nyepi.

Seperti pawai ogoh-ogoh yang diadakan sehari sebelum Nyepi, Melasti atau ibadah di laut dua hari sebelum Nyepi, dan juga tradisi omed-omedan atau ciuman massal sehari setelah Nyepi untuk tolak bala.

4. Hemat bahan bakar

Wow.. Ternyata saat Nyepi juga mampu menghemat bahan bakar solar sebanyak 500.000 liter. Ini disebabkan dua pembangkit listrik di Bali diistirahatkan sementara, yakni PLTGU Pemaron dan PLTG Gilimanuk. 

5. Penghematan listrik

Tidak hanya menghemat bahan bakar, ketika hari raya Nyapi tiba, ternyata mampu menghemat penggunaan listrik sebanyak 60 persen, atau sekitar 290 Megawatt. 

Yup, itulah 5 fakta unik pada hari raya Nyepi yang berlangsung di Bali. Wah, luar biasa banget ya.




Raya nyepiNyepi di baliHari raya nyepiAgama hindu

Share to: