Hantavirus Trending, Ini Cara Mudah Pencegahannya

Hantavirus Trending, Ini Cara Mudah Pencegahannya

Hantavirus Trending, Ini Cara Mudah Pencegahannya

Foto : Istimewa


Belum selesai dengan pandemi virus corona, namun publik kembali dihebohkan dengan kemunculan virus hanta. Bahkan hantavirus sempat nangkring di Google Trends.

 

Hantavirus sebenarnya sudah ditemukan beberapa tahun ke belakang, namun publik kembali geger gara-gara  China Times Global melaporkan seprang pria dari Provinsi Yunnan meninggal dunia setelah terjankit virus tersebut. 

Kejadian tersebut berlangsung saat pria itu tengah melakukan perjalanan kembali ke Provinsi Shandong. Lalu bagaimana pencegahan mudahnya? Ini dia tipsnya.

1. Hindari Kontak Langsung Dengan Tikus

Hantavirus disebarkan oleh hewan pengerat (tikus) dan menyebabkan beragam penyakit pada manusia. Hantavirus ini menular dari tikus ke manusia lewat uap dari urin, tinja, ludah, dan gigitan. Namun demikian, manusia tidak bisa menularkan hantavirus ke manusia lainnya. Untuk itulah, CDC mengimbau agar warga menghindari kontak langsung dengan hewan tersebut, baik di rumah, tempat kerja, maupun lokasi-lokasi lainnya.

2. Bersihkan Ruangan Secara Rutin

Dengan ruangan yang bersih dan segar takkan bisa menarik minat para tikus untuk bersarang. Itulah sebabnya, kamu harus rutin membersihkan ruangan di rumahmu agar tak menjadi sarang tikus yang bisa sebabkan Hantavirus.

3. Jaga Kebersihan Mobil

Selain rumah, kamu juga harus menjaga kebersihan mobilmu. Karna bisa saja tikus masuk dan bersarang di mobil yang kotor dan kumuh. Selain itu, jangan menyimpan mobilmu di tempat yang banyak sampah, seperti berdekatan dengan tempat sampah atau di lokasi yang terbuka, sebab hewan pengerat itu berpotensi masuk dengan mudah.

4. Gunakan Kapur Barus

Bila ruangan atau mobilmu terindikasi dihuni tikus, kamu bisa menggunakan kapur barus. Bahan yang dikenal dengan kamper ini, juga merupakan salah satu alternatif yang bisa digunakan untuk mengusir tikus. Selain mudah didapat, penggunaannya pun tidaklah rumit. 

5. Cairan Essential Oil Anti Tikus

Jika anti tikus di ruangan atau mobilmu, ada alternatif lain yang bisa kamu lakukan, yaiitu dengan meneteskan minyak esensial antitikus di sekitar kompartemen mobil, atau ruanganmu, sebab kabarnya aroma ini membuat tikus enggan untuk mendekati mobil atau ruangan.

Penulis: Nisa Puspita




virus coronahantavirustips cegah hantavirusvirus baru dari china

Share to: