Tips: Stres WFH Buat Kamu Banyak Ngemil? Ini Cara Mengatasinya

Tips: Stres WFH Buat Kamu Banyak Ngemil? Ini Cara Mengatasinya

Foto

Ilustrasi (Foto: Pixabay)


Apakah kamu menggunakan keripik, biskuit, dan makanan ringan lainnya sepanjang hari saat bekerja dari rumah saat berada di karantina? Itu bisa menjadi tanda bahwa kamu menggunakan makanan untuk melampiaskan stres.

Mungkin kamu bosan terlalu lama berkerja di rumah dan mencoba membangun mood.

"Stres makan" adalah cara mengatasi kecemasan situasional atau emosi atau pikiran negatif. Ini adalah saat kamu makan tanpa memperhatikan apa atau berapa banyak yang kamu makan.  Bahayanya adalah terkadang kamu terus makan bahkan jika tidak lapar.

Jika pola makan ini melampaui batas normal, ini berpotensi menyebabkan gangguan makan, kata dokter.

Mengapa kita makan junk food?

Stres makan biasanya melibatkan memakan makanan yang menyenangkan hati kita. Tentu saja ini termasuk junk food, makanan penutup yang manis dan makanan olahan lainnya. 

Makanan ini memiliki indeks glikemik tinggi (nilai yang menentukan seberapa cepat makanan ini menyebabkan peningkatan kadar glukosa darah) dan membuat kenyang. Ketika stres, kamu cenderung memilih makanan untuk membunuh rasa lapar. 

Makanan apa pun dengan indeks glikemik tinggi memang dapat membuat kenyang. Namun, satu-satunya masalah adalah makanan ini sebenarnya tidak membatasi rasa lapar. Jadi, kamu terkadang masih merasa perlu makan setelah beberapa waktu.

Risiko stres makan

Makan akibat stres dapat mempengaruhi kesehatan fisik dalam hal metabolisme atau kesehatan jantung. Ini juga menghantui "penyakit gaya hidup" yang memiliki efek berbahaya. 

Selain itu, bentuk perilaku makan ini juga dikaitkan dengan rasa bersalah yang kuat. Kamu pasti pernah merasakannya setelah banyak makan junkfood. 

Lalu bagaimana mengatasinya? Simak kiat-kiatnya berikut ini!

Kiat mengatasi stres makan

Psikiater menyarankan beberapa cara agar kamu tidak stres makan saat bekerja dari rumah seperti dilansir dari The Indian Express:

1. Identifikasi tempat kerja di rumah. Buatlah tempat yang senyaman mungkin agar kamu tetap fokus. 

Penting! Batasi akses kamu ke junk food di area tersebut selama WFH.

2. Patuhi rutinitas harian yang ketat, yang cenderung kita menyerah ketika bekerja dari rumah. Contohnya adalah bangun pagi seperti layaknya kamu berangkat ke kantor. Dan jangan pernah lupakan sarpan.

3. Sekarang setelah kamu berada di rumah sepanjang hari, nikmati makanan sehat penuh secara berkala. Rutin makan sayur, minum susu dan buah-buahan.

4. Saat kamu makan, hindari menonton televisi atau video do ponselmu. Belajar makan dengan penuh perhatian, yaitu, menyadari rasa dan tekstur makanan yang kamu makan.

5. Kamu tetap bisa makan makanan yang manis atau junk food, tetapi melakukannya dalam jumlah sedang.

6. Siapkan buah-buahan potong dalam kulkas. Jadi jika suatu saat kamu ingin ngemil karena mood jelek, kamu dapat memakan buah-buahan tersebut.




Tips KUYOUTips WFHStress Makan

Share to: