Tips Cara Tepat Merawat Tanaman Hias di Masa Pandemi, Harus Tahu Gaes!

Tips Cara Tepat Merawat Tanaman Hias di Masa Pandemi, Harus Tahu Gaes!

Tips Cara Tepat Merawat Tanaman Hias di Masa Pandemi, Harus Tahu Gaes!

Cara merawat tanaman hias dengan tepat (Sumber Foto: Pixabay)


Buat kamu yang punya tanaman hias dan mau merawatnya untuk mengisi waktu luang di masa pandemi. ada tipsnya nih yang bisa kamu lakukan gaes!

Selama pandemi COVID19 melanda ini, banyak orang yang mencari kegiatan untuk mengisi waktu luangnya karena harus tetap di rumah untuk mencegah penyebaran virus Corona. Salah satu kegiatan yang sering dilakukan banyak orang  adalah bercocok tanam, terutama menanam tanaman hias gaes. 

Biasanya orang-orang akan menanam tanaman hias dan meletakkannya di teras atau di dalam rumah untuk mempercantik ruangan . 

Dengan memanfaatkan kesejukan dari tanaman hias, kamu bisa memiliki rumah yang senantiasa asri dan segar gaes. Selain itu, punya beberapa tanaman hias akan membuat rumah terasa nyaman dan enak dipandang lho!

BACA JUGA: Tips dan Trik Membuat Kamar tidur Jadi Aesthetic dengan Sederhana, Anti Gagal Gaes!

Nah, kali ini Tim KUYOU.id sudah merangkum tips cara merawat tanaman hias yang lagi hits di masa pandemi gaes. Apa itu? Yuk simak ulasannya berikut ini.

Perhatikan Teknik Menyiram 

Cara merawat tanaman dengan tips yang pertama adalah menggunakan metode penyiraman yang tepat untuk tanaman hias gaes. Karena pada dasarnya, semua tanaman membutuhkan air untuk bisa tumbuh dengan baik.

Kamu bisa siram di pagi atau malam hari, agar tanaman memiliki suplai air yang cukup untuk menghadari terik matahari pada siang hari. 

Jangan lupa untuk Siram tanaman secara merata agar tanaman bisa tumbuh dengan baik. Siram tanaman secukupnya, hindari menyiram daun terlalu basah karena bisa mengundang penyakit tanaman gaes.

Memberikan Sinar Matahari 

Cara merawat tanaman hias berikutnya adalah mengetahui kebutuhan sinar matahari yang ideal pada jenis tanaman yang kamu punya gaes.

Untuk kebun sayur dan buah-buahan, biasanya tanaman harus terkena sinar matahari secara langsung selama sekitar 6 jam. Sementara itu, tanaman hias biasanya membutuhkan sinar matahari selama 3-4 jam setiap harinya gaes.

Antisipasi Hama

Terdapat beberapa strategi yang bisa kamu lakukan untuk mencegah tanaman terkena serangan penyakit atau hama gaes. 

BACA JUGA: Biodata dr. Dinasyah Lengkap Agama, Umur dan Wiki, Dokter Cantik Bagikan Tips Kesehatan hingga Percintaan

Misalnya nih, dengan menjaga kualitas tanah dan memberi nutrisi, seperti kotoran hewan atau kompos alami secara rutin pada tanaman dan juga dengan memangkas rumput liar di sekitar tanaman.

Hindari Pupuk Kimia 

Salah satu cara untuk merawat tanaman agar tumbuh subur dengan baik adalah menyiapkan bahan perawatan yang bagus gaes. Bahan tersebut adalah pupuk alami atau perawatan organik.

Kamu bisa menggunakan pupuk dengan kandungan murni agar hasil kebun menjadi semakin subur. Utamakan bahan perawatan yang baik, misalnya dengan pupuk alami atau perawatan organik.

Berikan Vitamin Tanaman 

Mustahil jika kamu tidak mengikutsertakan nutrisi tumbuhan sebagai bagian dari cara merawat tanaman gaes.

Ada enam nutrisi penting yang harus kamu perhatikan dalam cara merawat tanaman, yaitu nitrogen, fosfor, potassium, magnesium, sulfur, dan kalsium. Masing-masing nutrisi punya fungsi dan manfaatnya sendiri dalam menyuburkan tanaman hias gaes.

Menjaga Kebersihan 

Sangat penting bagi kamu untuk menjaga kebersihan di sekitar taman, pot tanaman, dan menghindari tumpukan sampah terutama plastik, kaleng, dan bahan-bahan yang tidak bisa terurai dengan baik gaes. 

Hentikan juga kebiasaan membuang puntung rokok atau membuang air bekas, seperti soda atau teh ke dalam pot tanaman karena itu bukanlah cara tepat merawat tanaman yang baik, melainkan bisa merusak tanaman lho gaes.

Potong Tanaman yang Mati 

Jika tanaman yang kamu punya ada bagian yang sudah terlanjur terserang penyakit atau kering dan juga mati, kamu harus segera memotong bagian tanaman yang sudah kering dan mati tersebut gaes. 

Cara merawat tanaman ini bertujuan agar penyakitnya tidak menyebar ke bagian lain yang masih hidup. Pasalnya, penyakit pada tanaman bisa menyebar dengan sangat cepat gaes.

BACA JUGA: Wajib Tahu, Ini Tips Cara Menghilangkan Mata Panda dengan Bahan Alami Gaes

Oleh karena itu, rutinlah untuk melakukan pengecekan terhadap tanaman hias dan perhatikan apakah ada bagian yang sudah mulai layu, kering, atau bahkan mati. Jika ada, segeralah memotongnya menggunakan alat pemotong khusus tanaman ya gaes!

Nah, itu dia tips cara tepat merawat tanaman hias buat kamu yang sedang mengisi waktu luang di masa pandemi gaes. Jangan sampai ketinggalan informasi terbaru tentang tips lainnya hanya di KUYOU.id ya! (Olivia Victoria Simanjuntak)




Tips Tepat Merawat Taman HiasCara Merawat Taman HiasTips Merawat TanamanCara Mudah Merawat TanamanCara Merawat Tanaman saat PandemiPandemi COVID19Tanaman Hias

Share to: