Pencegahan Virus Corona: Ini Cara Mendisinfeksi Laptop Kamu

Pencegahan Virus Corona: Ini Cara Mendisinfeksi Laptop Kamu

Pencegahan Virus Corona: Ini Cara Mendisinfeksi Laptop Kamu

Ilustrasi (Foto: Pixabay)


Dengan dunia beralih untuk bekerja dari mode rumah atau Work From Home (WFH) karena pandemi virus corona yang sedang berlangsung, laptop dan sistem komputer pribadi menjadi sangat sering digunakan sebagian besar tenaga kerja. 

Namun, ketika kita terpaku pada perangkat elektronik pribadi, bukan berarti kamu terhindar dari bakteri atau virus. Penting untuk mengetahui cara mendisinfeksi gadget kita termasuk laptop untuk membuat diri kita lebih aman meski di rumah sendiri.

Harus kamu ketahui bahwa desinfektan dan pembersihan adalah dua hal yang berbeda. Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), sementara pembersihan mengacu pada "penghapusan" kuman, kotoran dari permukaan, desinfektan mengacu pada penggunaan bahan kimia untuk "membunuh" kuman di permukaan.

Untuk mendisinfeksi laptop atau gadget lainnya, kamu harus menggunakan solusi berbasis alkohol yang terdiri dari 30 persen air dan 70 persen isopropil alkohol. 

Yuk ikuti langkah-langkah yang disebutkan di bawah ini untuk membebaskan kuman laptop Anda:

Pertama-tama, kenakan sarung tangan sekali pakai dan lepaskan kabel daya. Jika baterai laptop kamu bisa dilepas, keluarkanlah. Jangan lupa untuk menghapus perangkat eksternal seperti pen drive atau kartu SD sebelum melanjutkan.

Basahi saputangan microfiber dengan desinfektan berbasis alkohol dan bersihkan dengan hati-hati semua permukaan eksternal yang dimulai dengan layar. Usap dengan lembut ke arah yang sama, dari atas ke bawah dan jangan biarkan air menetes ke keyboard atau port USB.

Ingat untuk mengusapnya ke arah yang sama. Jangan mengosoknya berulang!

Setelah desinfektan, biarkan laptop mengering. Sekarang bersihkan layar lagi dengan pembersih kaca. 

Buang sarung tangan di tempat sampah yang tertutup dan cuci tangan dengan sabun. 

Selamat mencoba! Stay safe ya!




Tips KUYouTips CoronaCara Mendisinfeksi LaptopCara bersihkan laptop

Share to: