Beberkan Kondisi Tenaga Medis Saat Ini, Dr Tirta: Menyedihkan

Beberkan Kondisi Tenaga Medis Saat Ini, Dr Tirta: Menyedihkan

Beberkan Kondisi Tenaga Medis Saat Ini, Dr Tirta: Menyedihkan

Dr Tirta (Foto: dok. Instagram)


Nama Dr Tirta atau Tirta Mandira Hudhi tengah banyak diperbincangkan karena aksinya yang super ngegas di tengah wabah virus corona.

Terjun langsung membagikan donasi dan sumbangan peralatan medis, Tirta beberkan kondisi para tenaga medis yang kini tengah berjuang habis-habisan merawat pasien terjangkit corona yang terus bertambah.

Beberapa tenaga medis dikabarkan meninggal dunia, Tirta mengatakan bahwa kondisi tenaga medis saat ini menyedihkan.

"Sekarang itu kondisinya itu menyedihkan. Kita lihat, tenaga medis yang meninggal sudah berapa, kalau enggak salah sudah hampir 10 dan ini sudah berapa hari corona, anggap saja dua minggu," katanya kepada wartawan pada Sabtu, Maret 2020 seperti dilansir dari Kompas.com.

"Jadi perkiraannya tiap hari pasti ada tenaga medis yang meninggal, itu sudah menyedihkan," lanjutnya.

Bahkan jika dihitung, dari 87 pasien meninggal 10 persen diantaranya adalah para tenaga medis. 

Menurutnya, hal ini terjadi lantaran minimnya pasokan alat tenaga medis dan APD di Indonesia saat ini. 

"Kasarnya seperti ini, satu pasien yang sudah positif Covid-19 yang kondisinya sedang, itu satu pasien yang diisolasi bisa membutuhkan delapan APD per harinya. Itu satu bayangkan berapa ribu itu (pasien positif). Belum yang ODP dan PDP," ujarnya.

Oleh karena itu, demi meringankan setidaknya sedikit beban tenaga medis, Tirta mengedukasi masyarakat untuk menjaga jarak. Setelahnya, dia juga ikut melakukan donasi APD ke sejumlah rumah sakit rujukan yang membutuhkan.

"Rumah sakit di Jakarta saja kelimpungan, apalagi rumah sakit di seluruh Indonesia. Makanya saya saya lagi menyerukan di Twitter, campaign pertama saya itu edukasi, campaign kedua saya APD kan," ujar Tirta.




Dr TirtaTenaga medisDonasi dr Tirta

Share to: