Yuk Ikuti Cara Menyimpan Makanan Untuk Waktu yang Lama Agar Tidak Perlu Keluar Rumah

Yuk Ikuti Cara Menyimpan Makanan Untuk Waktu yang Lama Agar Tidak Perlu Keluar Rumah

Yuk Ikuti Cara Menyimpan Makanan Untuk Waktu yang Lama Agar Tidak Perlu Keluar Rumah

ilustrasi (Foto: Pixabay)


Kamu mungkin telah menyimpan beberapa sayuran dan makanan lain untuk menghindari keluar rumah terlalu sering setelah pandemi virus corona.

Namun, kamu juga perlu memastikan bahwa makanan itu tetap segar untuk dikonsumsi dalam waktu yang lama. Kamu mungkin menemukan sayuran dan makanan lain menjadi kering atau busuk bahkan ketika disimpan di lemari es. 

Maka dari itu, KUYou mau kasih tau kamu beberapa cara untuk menjaga buah-buahan dan sayuran kamu awet untuk jangka waktu yang lebih lama dan memastikan kamu makan dengan segar dan sehat:

Rebus sayuran sebelum dimasukan kulkas

Disarankan agar kamu merebus sayuran seperti brokoli, kacang polong, dan sayur-sayuran lainnya selama 30 detik sebelum membekukannya. Sedangkan wortel mentah dapat dipotong sebelum dibekukan, karena wortel bisa kenyal karena air dapat membuatnya mengembang.

Bungkus sayuran berdaun

Sebelum menyimpan sayuran berdaun, yang terbaik adalah mencucinya terlebih dahulu dan kemudian mengeringkannya dan bungkus dengan handuk kertas yang akan menyerap kelembaban. Kamu kemudian dapat mendinginkan mereka dalam kantong atau wadah plastik tertutup.

Acar

Ini adalah proses memperpanjang waktu simpan makanan dengan merendamnya dalam cuka atau minyak sayur untuk mencegah pertumbuhan bakteri. Kamu juga bisa menambahkan bumbu dan rempah antimikroba seperti biji sesawi, bawang putih, kayu manis atau cengkeh. Selain itu, kamu dapat mengasinkan makanan terlebih dahulu seperti daging, mentimun, bit, paprika, tomat, jamur dan sebagainya.

Jus

Agar buah tidak busuk, buat lah buah-buahan tersebut menjadi jus dan simpan dalam wadah kaca kedap udara, dan letakkan di kulkas. 

Pisang, di sisi lain, dapat disimpan di lemari es secara langsung. Bahkan jika kulitnya berubah menjadi coklat, buahnya akan tetap dapat dimakan dengan sempurna. Temperatur dingin memungkinkan enzim yang ditemukan dalam pisang, yang disebut polifenil oksidase, untuk mempolimerisasi fenol dalam kulit pisang menjadi polifenol. Ini menghitamkan kulit pisang. 

Susu dan makanan berbahan dasar susu

Daripada menyimpan susu dan makanan olahan susu lainnya di pintu lemari es, kamu disarankan untuk menyimpannya di belakang kulkas karena daerah itu lebih dingin. Tidak hanya suhu di pintu yang lebih tinggi tetapi juga terkena udara hangat setiap kali kamu membukanya, meningkatkan kemungkinan bakteri untuk tumbuh dan merusak susu.

Apa yang harus disimpan dalam suhu kamar?

Simpan tomat, kentang, bawang merah, dan bawang putih pada suhu kamar, jauh dari sinar matahari langsung, agar tetap segar.




Tips KUYouCara Menyimpan SayurCara menyusun KulkasCara stok makanan

Share to: