Mengenang Jonghyun SHINee, Perjalanan Karier dan Pencapaiannya yang Tak Terlupakan

Mengenang Jonghyun SHINee, Perjalanan Karier dan Pencapaiannya yang Tak Terlupakan

Mengenang Jonghyun SHINee, Perjalanan Karier dan Pencapaiannya yang Tak Terlupakan

Jonghyun SHINee (Foto: Instagram/iloveyook95)


Fans di seluruh dunia baru saja menaikan tagar #happyjonghyunday untuk mengingat ulang tahun Kim Jong Hyun SHINee pada 8 April yang meninggal pada bulan Desember 2017 silam. 

Salah satu anggota SHINee yang sangat dicintai ini masih dikelilingi penggemar yang merindukannya dengan tagar yang anaik pada 7 April 2020 malam.

Untuk mengenang vokalis utama grup SHINee ini, yuk lihat sejumlah pencapaian dan perjalanan kariernya semasa hidup.

1. Penyanyi, penari, sekaligus penulis lagu

Bukan hanya memiliki suara yang kuat dengan nada tinggi, Jonghyun juga tergabung dalam grup SHINee yang diketahui memiliki gerakan energik dalam setiap lagunya.

Tk sampai disitu, Jonghyun juga menjadi orang di balik lagu-lagu terkenal untuk grupnya maupun orang lain. Salah satu lagunya yang paling dikenal adalah "Breath" yang di berikannya kepada solois Lee Hi.

2. Solo konser

Bukan sekedar melakukan solo debut, Jonghyun bahkan dapat melakukan konser solonya sendiri yang jarang dilakukan oleh seorang idol.

Konser tersebut bertajuk "JONGHYUN – X – INSPIRATION" yang berlangsung pada tahun 2016.

3. Puncaki tangga lagu

Kepergiannya memang begitu mendadak, padahal tak lama setelah itu seharusnya Jonghyun akan merilis album solonya yang sudah direkamnya sebelum meninggal.

Bahkan sebagian besar lagu dalam album tersebut diproduseri olehnya. Akhirnya pada 23 Januari, akhirnya album bertajuk "Poet|Artist" tersebut dirilis. Meski sudah tiada,  ternyata album Jonghyun mendapat respons hangat di masyarakat. "Poet|Artist" berhasil merajai sejumlah tangga lagi internasional. Album ini bertenger di posisi pertama Japanese International Weekly Albums Oricon, Billboard US World Albums, dan Gaon South Korean Albums.

4. Menang di sejumlah program musik

Tidak hanya puncaki tangga lagu internasioal, nama Jonghyun juga masih disebut-sebut karena memenangi sejumlah program musik korea. Salah satunya adalah Music Bank dan Music Core.

MV "Shinin" miliknya berhasil jadi juara di acra musik  yang merupakan program musik terpopuler di Korea Selatan. 

5. Shiny Foundation

Setelah kepergiannya, keluarga Jonghyun mendirikan Shiny Foundation. Ini adalah sebuah yayasan yang akan menolong para pekerja seni muda di seluruh dunia yang tidak memiliki agensi untuk tetap berkarir.

Shiny Foundation dibuka lewat sebuah acara pada 6 September 2018 silam. Shiny Foundation juga berencana bekerja sama dengan sekolah-sekolah seni untuk menciptakan lebih banyak beasiswa. 




#happyjonghyundayJonghyun SHINeeSHINeeShiny Foundation

Share to: