Mengenal Stray Kids, Boy Grup Berprestasi Asuhan JYP dari Ajang Sirvival

Mengenal Stray Kids, Boy Grup Berprestasi Asuhan JYP dari Ajang Sirvival

Mengenal Stray Kids, Boy Grup Berprestasi Asuhan JYP dari Ajang Sirvival

Stray Kids (Foto: dok. Instagram)


스트레이 키즈 atau Stray Kids adalah salah satu boy band besutan agensi ternama Korea Selatan JYP Entertainment. 

Mereka dibentuk melalui acara survival program pada tahun 2017 dengan nama yang sama. Sudah 2 tahun debut, yuk kenalan sama boygrup termuda JYP yang miliki segudang bakat.

1. Survival Program

Pada Agustus 2017, JYP Entertainment (JYPE) secara resmi mengumumkan acara realitas survival mereka untuk meluncurkan proyek debut grup idola pria. 

Sebelum penayangan perdana pada 17 Oktober, JYPE merilis video musik pertama Stray Kids berjudul "Hellevator", yang kemudian dirilis menjadi singel digital. Dua anggota, Lee Know dan Felix, tereliminasi dari grup, namun kesembilan anggota berakhir menjadi anggota Stray Kids.

2. Puncaki tangga lagu sebelum debut

JYP mengeluarkan album mini Stray Kids bersamaan dengan video penampilan dari lagu kedua mereka yang berjudul "Beware" pada 8 Januari 2018. Sementara video penampilan dari "Spread My Wings" diunggah satu minggu kemudian. Album tersebut debut pada peringkat ke-2 di Gaon Album Chart dan Billboard World Albums chart.

Setelahnya pada ada 5 Maret 2018, JYP mengumumkan showcase debut bertajuk Stray Kids Unveil (Op. 01: I Am Not), yang diadakan pada 25 Maret di Jangchung Arena.

3. Debut tahun 2018

Resmi debut pada tanggal 25 Maret 2018, Stray Kids awalnya beranggotakan sembilan orang yakni Bang Chan, Woojin, Lee Know, Changbin, Hyunjin, Han, Felix, Seungmin dan I.N.

Sebelum debut, mereka bahkan sudah merilis album mini pra-debut Mixtape pada Januari 2018. Album tersebut berisi tujuh lagu yang ditulis dan disusun oleh para anggota, termasuk "Hellevator" dan lagu lainnya.

 4. Debut yang sukses

Setelah mendapatkan banyak penggemar lewat ajang sirvival, Stray Kids debut dengan hasil yang sangat memuaskan.

Mereka secara resmi debut dengan merilis album mini berjudul I Am Not, bersamaan dengan video musik dari singel utama mereka berjudul "District 9." Sementara video musik untuk "Grow Up" dirilis pada 31 Maret dan video penampilan dari "Mirror" dirilis pada 23 April. I Am Not debut pada peringkat ke-4 di Gaon Album Chart dan telah terjual sebanyak 54,000 kopi album fisik pada bulan Maret.

Bahkan Stray Kids langsung tampil di KCON Jepang 2018. Ini merupakan penampilan pertama mereka di luar negeri bahkan sejak satu bulan debut!

5. World Tour

Pada tanggal 5 Maret 2019 JYPE mengumumkan comeback Stray Kids pada tanggal 25 Maret dengan perilisian album mini keempat mereka yang bertajuk "Clé 1: Miroh."

Album ini sekaligus untuk merayakan hari jadi grup yang pertama sejak debut. Stray Kids mendapatkan tropi acara musik mingguan pertama mereka pada tanggal 4 April di acara M Countdown. 

Selanjutnya, pada tanggal 19 Juni, Stray Kids merilis album spesial pertama mereka yang bernama Clé 2: Yellow Wood, dengan lagu utama berjudul "Side Effects" di antara jadwal tur Amerika dan tur Eropa dalam tur dunia pertama mereka di tahun 2019.




Stray KidsFakta Stray KidsProfile Stray Kidspencapaian Stray Kids???? ??

Share to: