Benarkah Kim Jong-un Meninggal Dunia? Berukut Fakta-faktanya!

Benarkah Kim Jong-un Meninggal Dunia? Berukut Fakta-faktanya!

Foto
Kim Jong Un

Pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un memang belakangan ini dikabarkan tengah dalam kondisi krritis. Dia juga dikabarkan melakukan operasi pada 12 April lalu karena penyakit yang dideritanya.


 

Sebuah sumber internal dari Amerika Serikat melaporkan kepada CNN pada Senin, 20 April 2020 bahwa kondisi kesehatan Kim yang dilaporkan kredibel. Namun, sumber itu tidak mengetahui seberapa parah kondisi pemimpin otoriter itu.


 

Namun baru-baru ini datang bahwa kondisi Kim Jong-un semakin memburuk dan meninggal dunia. Benarkah? Berikut 5 fakta mengena kabar kondisi Kim Jong-un.


 

1. Dibantah Trump


 



 

Presiden AS Donald Trump membantah laporan yang menyebut Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un dalam kondisi kritis bahkan ada yang menyebut telah meninggal dunia. Menurutnya, kabar tersebut tidak benar.


 

"Saya pikir itu adalah laporan itu tidak benar," katanya.


 

Meski begitu, dia juga tidak mnegetahui apakan Kim Jong-un saat ini dalam kondisi yang baik-baik saja.


 

2. Berita tidak akurat


 



 

Sekjen Perhimpunan Persahabatan Indonesia-Korea Utara, Teguh Santosa, dalam keterangan di laman Facebook miliknya, mencontohkan salah berita yang diturunkan Daily NK bulan Maret lalu yang mengatakan Kim Jong Un melarikan diri karena kegagalan menangani Covid-19. Juga disebutkan bahwa kota Pyongyang dipenuhi mayat.


 

Media tersebut kerap membuat laporan tentang Korea Utara yang tak dapat dipastikan kebenarannya.


 

Teguh mengatakan, dirinya tidak benar-benar mengetahui fakta yang sesungguhnya terjadi mengenai kondisi kesehatan Kim Jong Un. 


 

Namun dari berbagai komunikasi yang dilakukannya dengan pihak Korea Utara baik di Jakarta maupun di Pyongyang, dirinya menyimpulkan kondisi kesehatan Kim Jong Un tidak seperti yang ramai dibicarakan itu.


 

3. Mengalami mati otak


 



 

Meski tidak ada tanda-tanda kekhawatiran apapun di ibu kota Korea Utara, Pyongyang namun sebuah berita mengatakan bahwa Kim Jong-un sempat mengalami mati otak.


 

Kabarnya Presiden Korut itu dalam kondisi kritis setelah menjalani operasi jantung. 


 

4. Pengganti Kim jong-un


 


 

Meskipun berita tersebut masih singpang siur, namun banyak berita beredar tentang siapa pengganti Kim Jong-un jika benar dinyatakan meninggal dunia.


 

Ppara analis mengatakan, adik perempuannya dan para loyalis dapat mengambil alih tampuk kepemimpinan sampai ada penerus yang cukup tua untuk mengambil alih.


 

Dilansir dari Reuters, empat kandidat yang mungkin akan menggantikan Kim Jong-un adalah adik perempuannya Kim Yo Jong, Kalangan tua Korut, Saudara yang terasing dan bibi Kim Jong Un dan Generasi keempat.




Kim Jong UnKim Jong Un Meninggal duniaKorea UtaraKondisi Kim Jong Un

Share to: