Cucu Nabi Muhammad SAW hingga Raja Salman, Ini 5 Tokoh Muslim Berpengaruh Dunia di Era Sekarang

Cucu Nabi Muhammad SAW hingga Raja Salman, Ini 5 Tokoh Muslim Berpengaruh Dunia di Era Sekarang

Cucu Nabi Muhammad SAW hingga Raja Salman, Ini 5 Tokoh Muslim Berpengaruh Dunia di Era Sekarang

Istimewa


Banyak tokoh-tokoh muslim yang memiliki sejarah luar biasa dalam menyebarkan agama Islam maupun rancangan Bisnis yang sangat berpengaruh di seluruh dunia. 

Dalam publikasi dari The Muslim 500, publik terutama menyoroti lima besar dari tokoh itu. Di antaranya adalah Raja Salman dari Arab Saudi. 

Lantas siapa saja tokoh Muslim yang berperangur untuk Dunia? berikut daftar Tokoh Muslim yang paling berpengaruh di Dunia hingga sekarang. 

1. Hakim Sheikh Muhammad Taqi Usmani (Sarjana Yurisprudensi dan Finansial Islam)

Sheikh Mufti Muhammad Taqi Usmani merupakan salah satu sarjana terkemuka dalam bidang Hadits, yurisprudensi, dan finansial Islam.

Dia merupakan pemimpin intelektual Sekolah Islam Deobandi, dan Hakim Pengadilan Tinggi Syariat Mahkamah Agung Pakistan pada 1982 sampai Mei 2002. Dia masuk dalam peringkat pertama karena posisinya sebagai ketua bank maupun institusi finansial Islam, dan memimpin Dewan Syariah Internasional untuk Organisasi Akuntansi dan Audit Institusi Finansial Islam.

Dirinya juga yang menerjemahkan Al-Qur'an ke dalam bahasa Inggris dan Urdu dan merupakan penulis enam volume komentar mengenai Hadis Sahih Muslim. 

Fatwa yang Usmani telurkan dalam 45 tahun terakhir dipublikasikan dalam empat volume buku, dan menulis lebih dari 80 buku dalam bahasa Inggris, Arab, dan Urdu.

2. Ayatollah Ali Khamenei (Pemimpin Tertinggi Iran)

Grand Ayatollah Khamenei merupakan pemimpin kedua Republik Islam Iran. Dia lahir di Mashhad, dan menempuh pendidikan di Seminari Keagamaan Qom

Pada masa Revolusi Iran pada tahun 1979, dirinya menjadi figur penting dan kemudian menjaid Pemimpin Tertinggi Iran menggantikan Ruhollah Khomeini. 

Berada di peringkat kedua sebagai pemimpin keagamaan yang memberikannya peran unik dan relasi politik. 

3. Sheikh Mohammed bin Zayed Al-Nahyan (Putra Mahkota Abu Dhabi)

Selain menjadi Putra Mahkota Abu Dhabi, Sheikh Mohammed bin Zayed Al-Nahyan juga merupan Wakil Panglima Tertinggi Militer Uni Emirat Arab(UEA).

Putra ketiga mendiang Sheikh Zayed bin Sultan Al-Nahyan, yang merupakan presiden pertama UEA dari 1971 hingga wafat pada 2004.

 Sebagai salah satu jenderal, Sheikh Mohammed ikut andil dalam melakukan modernisasi angkatan perang UEA. Tak hanya membeli jet tempur asing.

4. Raja Salman bin Abdulaziz Al-Saud (Raja Arab Saudi dan Penjaga 2 Masjid Suci)

Raja Salman merupakan penguasa ketujuh Arab Saudi yang bertakhta sejak Januari 2015. 

Dirinya berada di urutan keempat karena pengaruh Saudi dia tiga area kritis. Pertama, Saudi merupakan rumah dua kota suci, Makkah dan Madinah.

Dirinya juga memliki raksasa pengekspor minyak dan menyebarkan islam melalui jaringan dakwah bagi negara Muslim. 

Sebagai pengekspor minyak, Saudi setidaknya menyokong 20 persen pasokan energi dunia. Membuat Raja Salman pemain kunci dalam industri migas global.

5. Raja Abdullah II (Raja Yordania dan Penjaga Situs Suci Yerusalem)

Raja Abdullah II Ibn Al-Hussein bukan merupakan penguasa monarki kerajaan kaya, populer, atau termasuk cendekiawan Muslim.

Namun, namanya masuk dalam lima besar tokoh Muslim berpengaruh dunia karena menjadi salah satu ujung tombak isu utama dunia Arab: Israel dan Palestina. Raja yang berkusa sejak 7 Februari 1999 silam itu merupakan generasi ke-41 keturunan langsung Nabi Muhammad melalui cucu sang Nabi, Al-Hasan.

Ia berasal dari Hashemite, dinasti penguasa tertua dunia yang masih aktif setelah Jepang, dan memberikan Raja Abdullah II peran unik di dunia Arab. Raja Abdullah II dikenal sebagai pemimpin progresif dengan visi politik terbuka, dan mendorong nilai-nilai Islam yang terbuka dan toleran. 

Dia adalah penjaga Al-Haram Al-Sharif, begitu juga dengan situs suci Kristiani di Yerusalem, dan menyerukan adanya renovasi pada keduanya.




tokohmuslimsejarahislammuslimdiduniarajasalmanislamramadan

Share to: