Biografi Peter J Mcguire, Tokoh Dunia Pencetus Hari Buruh

Biografi Peter J Mcguire, Tokoh Dunia Pencetus Hari Buruh

Foto

Peter J Mcguire (Foto: Istimewa)


Semua orang pasti sudah tahu kalau tanggal 1 May menjadi hari peringatan yang cukup besar di seluruh dunia, termaksud Indonesia.

"May Day" atau peringatan Hari Buruh ini juga diperingati oleh Amerika Serikat dan Kanada Senin pertama setiap bulan September.

Hari Buruh ini didedikasikan untuk menghormati para pekerja dan mengakui kontribusi mereka kepada masyarakat.

Peter J Mcguire adalah pencetur Hari Buruh ini. Dia adalah seorang pemimpin serikat pekerja United Brotherhood of Carpenters pada 1881.

Berikut profil Peter J Mcguire hingga dicetuskannya Hari Buruh.

Lahir di New York pada 6 Juli 1852, Peter J Mcguire wafat pada 18 Februari 1906.

Dia adalah seorang pemimpin buruh Amerika pada abad ke-19. Dia ikut mendirikan "Persaudaraan Persatuan Tukang Kayu" dan "Joiner of America" pada tahun 1881 bersama dengan Gustav Luebkert.

Dia telah menjadi salah satu tokoh terkemuka dalam tiga dekade pertama Federasi Tenaga Kerja Amerika. Dia dikreditkan sebagai orang pertama yang mengusulkan gagasan Hari Buruh sebagai hari libur nasional pada tahun 1882.

Dia dilahirkan dari keluarga miskin Katolik Irlandia. Sebelum menjadi anggota serikat buruh, Mcguire adalah seorang aktivis politik pada tahun 1873. 

Dia bekerja sebagai tukang kayu selama tahun 1870-an.

McGuire pernah ditangkap saat menduduki kantor Komisaris Polisi kota, yang menolak untuk memberi mereka izin parade. 

Tidak lama kemudian, ia bergabung dengan Adolph Strasser, yang kemudian menjadi presiden Serikat Pembuat Cerutu, untuk mendirikan Partai Pekerja Sosial Demokrat Amerika Utara. Partai tersebut sebuah organisasi sosialis Lassallean yang mengusulkan untuk mencapai sosialisme melalui organisasi partai sosialis dan organisasi serikat pekerja. 

McGuire percaya bahwa pengorganisasian politik lebih menjanjikan untuk memajukan hak-hak pekerja daripada serikat pekerja selama dekade ini. Ia menjadi sangat terlibat dalam kampanye selama delapan jam sehari.

Dengan runtuhnya Partai Buruh Greenback, ia menjadi lebih berkomitmen untuk persatuan. Sebagai anggota Ksatria Buruh yang tidak setuju dengan beberapa kebijakan perburuhan Ksatria Buruh, ia mendukung penciptaan federasi buruh yang terpisah. McGuire menjabat sebagai Wakil Presiden Federasi dan penggantinya, Federasi Buruh Amerika.

McGuire bukan hanya satu-satunya pemimpin dalam dua puluh tahun pertamanya, tetapi juga hampir seluruh anggota dalam organisasi tersebut. Mereka membayar biaya serikat dari kantong mereka sendiri. 

McGuire ditangkap karena penggelapan pada tahun 1901 dan dikeluarkan dari jabatannya pada tahun 1902.




1 MayMay DayHari BuruhPencetus Hari BuruhPeter J Mcguire

Share to: