Bill Gates sampai Jackie Chan, 7 Orang Terkenal ini Dulunya Seorang Buruh Lho

Bill Gates sampai Jackie Chan, 7 Orang Terkenal ini Dulunya Seorang Buruh Lho

Foto

Orang Terkenal ini Dulunya Seorang Buruh Lho (Foto: Istimewa)


Hari ini, 1 May adalah hari peringatan bagi para pekerja buruh di seluruh dunia.

"May Day" atau Hari Buruh ini didedikasikan untuk menghormati para pekerja dan mengakui kontribusi mereka kepada masyarakat.

Hari buruh ini sudah ada sejak  tahun 1886 oleh Federation of Organized Trades and Labor Unions sebagai peringatan momen bersejarah untuk para buruh dalam memperjuangkan hak-haknya.

Peter J Mcguire adalah pencetur Hari Buruh ini. Dia adalah seorang pemimpin serikat pekerja United Brotherhood of Carpenters pada 1881.

Tapi tahu kah kamu? Bahwa sejumlah pengusaha, selebriti dan tokoh dunia ini dulunya juga seorang buruh, lho!

Siapa saja mereka? Simak daftarnya seperti dilansir dari berbagai sumber berikut ini!

1. Bill Gates (Office Boy)

(Foto: thedailystar)

Pengusaha terkenal dunia, Bill Gates ternyata dulunya juga seorang buruh.

Pengusaha software dan perangkat lunak terbesar di dunia ini memang lahir sebagai orang yang cerdas. Meski begitu, dia memilih unutk keluar dari universitas bergengsi Harvard Amerika untuk fokus kepada perusahaannya.

Namun tentu saja membangun usaha itu membutuhkan biaya yang sangat besar. Dia rela menjadi seorang office boy kongres di Washington State Capital. Hal ini dilakukannya agar dapat memenuhi kebutuhannya dan menabung untuk mendanai perusahaannya.

Meski pernah menjadi buruh, namun perjuangannya tak sia-sia. Dia kini telah menjadi salah satu pengusaha tersukses di dunia dengan kekayaan yang terus betambah!

2. Zhang Xin (Buruh Pabrik)

(Foto: qz.com)

Zhang Xin adalah ratu untuk bisnis properti dan real estate. Dia adalah CEO sekaligus Co-Founder dari SOHO China yaitu Perusahaan pengembangan real estate komersial utama terbesar di Beijing dan Shanghai.

Namun sama seperti Bill Gates, Zhang Xin pernah menjadi seorang buruh pabrik. Dia pernah berkerja dengan shift selama 12 jam kerja!

Dengan gaji sebagai buruh pabrik yang tak seberapa, Zhang Xin terus berusaha sambil menabung. Dia akhirnya bisa melanjutkan pendidikannya hingga berkuliah di Universitas Sussex, Inggris denga beasiswa yang didapatkannya.

Setelah tamat dari kuliah, Zhang Xin dan suami akhirnya mulai terjun berbisnis di dunia properti dan real estate. Dalam membangun perusahaannya dia harus rela kembali hidup dalam kekurangan demi menghemat pengeluaran perusahaannya dan sekaligus mencicil hutang perusahaannya. Sifat pantang menyerah Zhang Xin dan suaminya berbuah manis, perusahaannya SOHO China akhirnya menjadi perusahaan properti yang semakin maju dan sukses.

Kini dia bahkan dinobatkan sebagai perempuan terkaya di dunia versi majalah Forbes pada tahun 2015!

3. Agus Pramono (Office Boy)

(Foto: Istimewa)

Persis seperti Bill Gates, pengusaha kuliner Indonesia ini juga pernah menjadi Office Boy. Lebih parahnya, bahkan pria yang akrab dipanggil Mas Mono ini pernah menjadi penjual kaki lima, penjual girengan hingga sales!

Namun pada tahun 2001 tak disangka bahwa bisnis syam bakar yang dirintisnya sukses dipasaran. Kini, setidaknya ia telah memiliki 20 cabang dengan omset puluhan juta per hari serta melego franchisenya seharga 500 juta rupiah.

4. Jackie Chan (Buruh Bangunan)

(Foto: Reuteurs)

Aktor terkenal Jackie Chan memiliki prestasi gemilang di dunia akting. Popularitasnya bahkan terus menyebar hingga ke seluruh dunia.

Namun, tahu kah kamu? Bahwa aktor kenamaan Asia ini pernah hidup serba kekurangan! Dirinya pernah berkerja sebagai buruh bangunan hingga pelayan restoran. Semua itu dia lakukan agar dia bisa menghidupi dirinya selagi dia mengejar cita-citanya sebagai seorang aktor.

Kini, dia dapat menikmati masa tuanya dengan bahagia sebagai salah satu aktr asal Asia tersukse di dunia!

5. Tukul Arwana (Supir)

(Foto: klimg.com)

Presenter sekaligus pelawak terkenal Tanah Air ini dulunya juga pernah menjadi orang yang hidup sederhana.

Dengan banyaknya show yang di pimpinnya saat ini, dulu Tukul adalah seorang supir pribadi!

Akhirnya dia memutuskan hijrah ke Jakarta untuk mendalami dunia seni lawak. Akhinya kini dia mnjadi salah satu pelawak terkenal dengan ciri khas tersebdiri yakni "Kembali ke Laptop!"

6. Andrie Wongso (Salesman)

(Foto: istimewa)

Motivator Indonesia, Andrie Wongso juga pernah berkerja sebagai buruh.

Andrie Wongso lahir dari keluarga keturunan Tionghoa miskin di Malang bersama dua orang tua dan dua saudara kandungnya. Namun bukan hanya seorang motivator, Andria juga menekuni dunia bisnis.

Dia menjadi salesman untuk memenuhi kebutuhan hidupnya karena pernah  berhenti sekolah di usia 11 tahun (6 SD) karena sekolahnya ditutup, dan orang tuanya tidak memiliki dana untuk membayar uang kepindahannya.

7. Madonna (Pelayan Restoran)

(Foto: dok. Instagram)

Penyanyi terkenal Madonna juga memiliki nasib yang sama. Memiliki segudang prestasi di bidang tarik suaram Madonna juga pernah menjadi pelayan restoran.

Demi mengejer impiannya sebagai penari, Madonna nekat berhenti dari kuliahnya dan pindah ke kota New York. Disanalah dia harus berkerja sebagai pelayan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

Kini dia berhasil membuktikan kerja kerasnya bukan hanya sebagai penyanyi namun juga bisnis di dunia fashion baik di Clothing Line dan Minyak Wangi. 




Pengusaha buruhBuruhMay DayBill Gates BuruhHari BuruhPengusaha yang dulunya buruh

Share to: