Tausiyah Quraish Shihab, Allah Menciptakan Alam Raya Bukan Kebetulan, Namun...

Tausiyah Quraish Shihab, Allah Menciptakan Alam Raya Bukan Kebetulan, Namun...

Tausiyah Quraish Shihab, Allah Menciptakan Alam Raya Bukan Kebetulan, Namun...

Quraish Shihab (Foto: Instagram)


Menurut Quraish Shihab, segala sesuatu yang terdapat di seluruh jagat raya baik bumi dan langit yang sedemikian teratur, indah dan harmonis adalah salah satu bukti dari sekian banyaknya bukti wujud adanya keesaan Allah.

Namun masih ada saja yang bilang jika seluruh yang ada dalam alam ini hanya sebuah kebetulan. Benarkah adanya alam dan sesisinya ini hanyalah sebuah kebetulan?

Quraish Shihab mencontohkannya dalam sebuah ilustrasi.

“Kalau ada dua orang yang ditugaskan untuk menuju ke stasiun kereta api, lalu tanpa keduanya ketahui ada satu rekan lainnya yang juga diberikan tugas yang sama,” ucapnya.

Disaat keduanya bertemu di stasiun kereta, mereka anggap itu sebuah kebetulan. Dia benar mengatakan pertemuan tersebut adalah kebetulan, karena tidak mengetahui bahwa rekannya ditugaskan juga ke stasiun kereta.

Tetapi buat yang menugaskan, itu bukan kebetulan, karena dia mengetahui keduanya menjalankan tugas yang sama.

Allah SWT Maha Mengetahui lanjut Quraish Shihab. Bukti bahwa dia Maha Mengetahui adalah kehebatan, keteraturan dan keserasian segala ciptaan-nya.

“Jangan jauh-jauh segala sesuatu diatur oleh Allah jaraknya dan kadarnya. Jarak anatara matahari dengan bimu sedemikaian teliti sehingga kalau lebih dekat kita akan kepanasan. Kalau jaraknya lebih jauh kita akan kedinginan. Pelajarilah dari diri anda. Manusia diciptakan bagaimana matanya, bagaimana lidahnya, bagaimana seluruh keadaannya itu tercipta melalui suatu kekuatan yang Maha Dahsyat dan Maha Mengetahui,” kata Quraish Shihab.

Jadi adalah tidak mungkin semua yang dimiliki Allah ini terjadi karena kebetulan.




Quraish ShihabRamadan 2020

Share to: