Tanggapan UAS Soal Larangan Salat di Masjid Saat Pandemi Virus Corona

Tanggapan UAS Soal Larangan Salat di Masjid Saat Pandemi Virus Corona

Foto

Foto : Istimewa


Terkait fatwa MUI atau Majelis Ulama Indonesia yang belum lama ini dikeluarkan mengenai salat berjamaah di masjid, baik itu salat Jumat maupun salat wajib dan sunnah lainnya, sehubungan dengan penyebaran virus corona, Ustadz Abdul Somad (UAS) pun ikut memberikan tanggapan. 

UAS mengatakan ada orang-orang yang bertanya alasan masjid ditutup saat pandemi virus Corona namun mal tetap dibuka. Di saat yang sama, bandara hingga bioskop tetap beroperasi.

Menanggapi fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) yang menganjurkan masyarakat salat di rumah selama pandemi virus corona (Covid-19), UAS menyatakan patuh terhadap fatwa tersebut. 

Dalam sebuah video yang diposting di akun Youtube Ustadz Abdul Somad Official, Jumat, 20 Maret 2020 malam, UAS mengaku percaya dengan MUI terutama Mesir. Mengingat ia merupakan alumni Al-Azhar yang pasti patuh dengan guru-gurunya. 

UAS mengutip Alquran Surat An-Nisa ayat 59 tentang kewajiban taat kepada Allah SWT, Rasul SAW, ulama, dan pemimpin. Menurutnya, MUI adalah pihak yang harus ditaati umat Islam di Indonesia.

UAS mengatakan Mesir sudah melaksanakan imbauan untuk tidak beribadah di masjid selama corona. Menurut UAS, imbauan itu mampu menekan penyebaran virus. Tercatat, Mesir memiliki 256 kasus, dengan 7 kematian dan 42 orang sembuh. 

Bahkan UAS juga menanggapi sebagian kalangan yang mempertanyakan larangan pergi ke masjid di saat pusat perbelanjaan masih dibuka. Menurutnya, logika itu tidak tepat.

Penulis: Anas Fadli




#UAS#UstadzAbdulSomad#COVID19#WabahVirus

Share to: