Ustaz Hanan Attaki Bagi-bagi Tips Jaga Kesehatan Ala Rasulullah di Bulan Ramadan Nih

Ustaz Hanan Attaki Bagi-bagi Tips Jaga Kesehatan Ala Rasulullah di Bulan Ramadan Nih

Ustaz Hanan Attaki Bagi-bagi Tips Jaga Kesehatan Ala Rasulullah di Bulan Ramadan Nih

Ustadz Hanan Attaki (Foto: Instagram)


Saat puasa tubuh kita memang mudah lemas dan juga mengeluhkan berbagai macam penyakit, mulai dari maag pusing hingga penyakit yang lainnya.

Menurut Ustadz Hanan Attaki, harusnya puasa itu menjadi terapi kesehatan, lho. Nah dia bakal bagi-bagi tips jaga kesehatan ala Rasulullah di bulan Ramadan nih.

“Dan kita tahu ya cerita Nabi itu kalau lagi puasa kegiatan sehari-hari beliau, aktivitasnya itu lumayan berkeringat karena Nabi itu kalau naik kendaraan kendaraannya kuda, unta,” kata ustadz Hanan.

Menurut Ustaz Hanan, orang yang berpuasa hanya untuk menahan lapar dan haus saja memang gampang lemas. Padahal puasa lebih itu, lho.

“Tapi juga soal pola hidup dari mulai istirahatnya, kemudian yang diambil dari puasa paketnya dari sahur sampai berbukanya, insyaallah puasa gak akan jadi masalah kesehatan buat kita,” kata Ustadz Hanan.

Nah, yang menarik adalah, ketika sahur dan berbuka nabi selalu memakan kurma dan air, lho, atau yang dikenal dengan istilah Aswadan.

“Pernah kita baca cerita tentang Sayyidah Maryam di dalam Surat Maryam, Wa huzzī ilaiki bijiż'in-nakhlati tusāqiṭ 'alaiki ruṭaban janiyyā (Surat Maryam Ayat 25). Allah SWT menyuruh kepada Maryam yang yang baru melahirkan, yang dalam keadaan lemas banget, orang yang baru bersalin kan lemas banget tuh untuk minum air, kemudian untuk makan kurma ruthab,” jelas Ustadz Hanan .

Kurma itu ruṭaban janiyyā itu adalah makanan berbuka puasa favorit Nabi. Jika memakan kurma ini energy tubuh akan kembali fit.

“Itu makanan yang bisa cepat bikin balik tenaga di tubuh kita karena Sayyidah Maryam dulu ketika dalam keadaan melahirkan habis makan kurma ruthab dan minum air, Allah SWT langsung bikin beliau bugar lagi untuk melakukan perjalanan jauh,” kata Ustadz Hanan.

Nah coba untuk makan air dan kurma dulu sebelum makan makanan yang berat.

“Sudah kurma air saja di-dawamin, insyaallah puasa kita bakal jadi terapi kesehatan,” tutup Ustadz Hanan.




Tips Jaga Kesehatan Ala Rasulullah di Bulan RamadanUstadz Hanan AttakiRamadan 2020

Share to: