Komedian Mamiek Prakoso, Kakak Didi Kempot yang Juga Meninggal di Usia 53 Tahun

Komedian Mamiek Prakoso, Kakak Didi Kempot yang Juga Meninggal di Usia 53 Tahun

Komedian Mamiek Prakoso, Kakak Didi Kempot yang Juga Meninggal di Usia 53 Tahun

Komedian Mamiek Prakoso (Foto: Indosiar)


Mamiek Prakoso adalah pemeran dan pelawak Indonesia. Ia mengawali karier sebagai pelawak melalui grup lawak Srimulat. 

Mamiek juga merupakan kakak kandung dari penyanyi Campursari yaitu Didi Kempot.

Dia meninggal di Surakarta, Jawa Tengah pada 3 Agustus 2014. Pada saat itu, Mamiek tengah berumur 53 tahun.

Kala itu, Mamiek meninggal akibat penyakit liver. Jenazah pemain Srimulat itu kemudian dimakamkan keesokan harinya, pada 4 Agustus 2014. Mamiek Prakoso dimakamkan di Ngawi, Jawa Timur, tempat istri pertamanya, Surani.

Rupanya, baik Mimiek ataupun Didi Kempot sama-sama meninggal pada usia 53 tahun. 

Berbeda dengan sang adik yang populer sebagai penyanyi campursari legendaris, semasa hidup Mamiek lebih dikenal sebagai aktor sekaligus pelawak.

Mereka lahir dari keluarga berdarah seni. Sang ayah, Ranto Edi Gudel, dikenal sebagai seorang pelawak serta seniman serba bisa. 

Mamiek memulai kariernya sebagai komedian di grup lawak Srimulat pada 1984. Kala itu, pria yang lahir di Salatiga, Jawa Tengah, 6 April 1961 tersebut dikenal melalui penampilannya yang nyentrik, yakni dengan rambut berwarna pirang di sisi kanan dan kiri kepalanya.

Kesuksesannya dalam grup Srimulat membawanya ikut menjajal industri film Tanah Air. Dia berperan dalam film berjudul "Kanan Kiri OK" dan "Makelar Kodok" yang rilis pada tahun 1989.

Pada tahun 2013, nampaknya menjadi momen terakhir Mamiek berkiprah di industri perfilman Tanah air. "Finding Srimulat" dan "Air Mata Terakhir Bunda" menjadi dua film yang Mamiek bintangi sebelum meninggal dunia.

Selain bersinar di dunia akting, Mamiek juga pernah menjajal industri tarik suara. Grojogan Sewu, Ora Tak Gagas, hingga Petruk Wuyung merupakan lagu campursari yang pernah Mamiek populerkan.

Serba bisa, Mamiek juga sempat menjajal panggung stand up comedy pada tahun 2013. Kemampuannya monolog ketika bersama Srimulat sepertinya membuat Mamiek tak kesulitan kala menjajal panggung stand up comedy yang kala itu tengah menjadi sorotan.




Kaka Didi KempotMamiek PrakosoSrimulat

Share to: