Cerita Umah Buddha Thailand yang Merayakan Waisak via Online Hari Ini

Cerita Umah Buddha Thailand yang Merayakan Waisak via Online Hari Ini

Foto

Istimewa


Bertepatan dengan Hari Waisak, para Umat Buddha dipenjuru dunia beramai-ramai merayakan Waisak. Meski merayakan Waisak ditengah pandemi corona tak membuat Umat Buddha di Thailand tak merayakannya. 

Umat Buddha di Thailand merayakan Waisak dengan cara yang berbeda dari biasanya, kini mereka tetap tinggal dirumah dan menyaksikannya secara ibadah online. 

Jika biasanya, umat Buddha Thailand berkumpul di kuil untuk melakukan 'wian tian' ritual. Mereka akan berjalan mengelilingi kuil utama sebanyak tiga kali sambil membawa lilin menyala.

Umat Buddha juga akan mengunjungi kuil-kuil lokal untuk berbuat kebajikan dengan memberikan sumbangan dan melakukan berbagai ritual. Seperti biasanya, mereka akan mendengarkan khotbah,bermeditasi dan sampai berbagi makanan dengan pekerja kuil. 

Umat Buddha di Thailand tetap dapat mengikuti ibadah melalui siaran langsung pelaksanaan upacara Waisak melalui siaran Facebook pada 9.30 pagi dan 5.30 sore yang akan dilaksanakan di Wat Prayoon dan Wat Suthat Thepwararam.

Kuil lain yang juga memberikan siaran langsung adalah Wat Bowon. Kuil ini mengajak umat Buddha melakukan 'wian tian' secara virtual bersama para biksu pada pukul 7 malam. Kemudian serangkaian upacara lainnya juga akan dilaksanakan kuil melalui siaran online mulai pukul 9 malam sampai Kamis (7/5/2020) dini hari.




kuilwaisakbuddhaumatbuddhahariwaisak

Share to: