Indahnya Toleransi, Umat Hindu di India Ikut Puasa saat Ramadan Lho

Indahnya Toleransi, Umat Hindu di India Ikut Puasa saat Ramadan Lho

Indahnya Toleransi, Umat Hindu di India Ikut Puasa saat Ramadan Lho

Foto: Istimewa


Umat muslin di seluruh dunia kini tengah melakukan ibadah puasa Ramadan.

Tapi tahu kah kamu, bahwa ada semuah kabar yang menjejukan hati datang dari India.

Sejumlah warga non-Muslim  di sana dikabarkan turut berpuasa, lho!

Dia adalah seorang umat Hindu, Dr. Sachchidanand Vikrant. seperti dikutip dari Arab News pada Sabtu, 9 Mei 2020.

Puasa di bulan Ramadan ini ternyata bukan pertama kalinya bagi Vikrant. Dia sudah melakukan aktivitas tersebut sejak tahun 2014 lalu.

"Saya memulai berpuasa sejak 2014, ketika rekan kerja Muslim saya dan saya mengerjakan suatu penelitian mengenai obat-obatan yang dijual secara illegal," ujarnya. 

Kemudia dia diajak untuk berpuasa dan kemudian terdorong untuk terus melakukannya.

"Setelah melakukan investigasi kami, dia mengajak saya untuk bergabung dalam puasanya. Hari itu, percakapan dari hatinya mendorong saya untuk berpuasa," lanjutnya. 

Vikrant berpuasa 11 hari selama Ramadan, lalu ia melanjutkan 19  hari setelah Idul Fitri. Hal itu telah menjadi kebiasaannya selama enam tahun belakangan. 

"Bagi saya, ini (puasa) adalah hal yang lebih dari sekedar agama. Ini adalah sebuah kepercayaan dalam kultur dan kebersamaan antar agama kami. Muslim adalah bagian dari kami dan kami hidup berdampingan dalam suatu kultur yang sama," ujar Viktrant.

Tak hanya Vikrant, Ved Amrita yang merupakan seorang desainer dari Uttarakhand. Rupanya juga menunjukan aksi toleransinya kepada umat Muslim di India dalam bulan puasa ini.

Dia ikut berpuasa selama bulan suci Ramadan sejak 3 tahun belakangan.

Selama tiga tahun belakangan ini, saya telah memperhatikan puasa selama dua hari di bulan Ramadan untuk melakukannya," ujarnya, dirinya juga menambahkan bahwa puasa juga merupakan tradisi pernyataan keyakinan saya pada tradisi sinkretis dan sekuler India.




IndiaRamadan di Indiaumat Hindu di India

Share to: