Wajib Tahu Gaes, Ternyata Ini Lho Perbedaan Perayaan Lebaran di Arab Saudi dan Indonesia

Wajib Tahu Gaes, Ternyata Ini Lho Perbedaan Perayaan Lebaran di Arab Saudi dan Indonesia

Foto

Perbedaan lebaran di Arab dan di Indonesia


Lebaran merupakan salah satu momen yang paling ditunggu-tunggu setelah bulan Ramada berakhir kan gaes. Dalam merayakannya pun setiap negara memiliki caranya tersendiri lho.

Saat memasuki hari Raya Idul Fitri, ada beberapa negara yang menyambut perayaan ini dengan kesan yang mewah dan meriah tapi ada juga yang dirayakan secara sederhana.

Seperti di tanah air kita ini, merayakan lebaran bisa dibilang tradisi yang cukup meriah ya gaes, mulai dari takbiran hingga halal bihalal. Namun apakah kalian tau gaes tradisi lebaran di Indonesia sama di Arab cukup berbeda lho.

Nah berikut lima perbedaan suasana lebaran di Indonesia dengan di Arab Saudi.

1. Beduk di Malam Takbiran

Foto: Istimewa

Perbedaan malam takbiran di Indonesia dengan Arab Saudi terletak di bedugnya. Di Indonesia, bedug didentumkan di antara takbir yang dikumandangkan, sedangkan, di Arab Saudi, mereka hanya mengumandangkan takbir saja tanpa bedug.

2. Halal bi Halal

Foto: Istimewa

Bagi umat Muslim di Indonesia, tradisi Halal Bi Halal seakan sudah jadi kewajiban di Hari Raya Idul Fitri. Biasanya usai salat Ied di pagi hari, mereka mendatangi rumah kerabat dan tetangga buat bersilaturahmi. Sedangkan di Arab Saudi, mereka hanya bersilaturahmi ke keluarga terdekat saja, dan bersilaturahmi dilakukan pada malam hari.

3. Sajian Lebaran

Foto: Istimewa

Di Indonesia sajian lebaran terbilang sangat mewah, banyak sekali kuliner sajian khas berbagai daerah seperti ketupat dan opor ayam. Sedangkan di Arab Saudi, hidangan lebaran tidak berbeda dengan hidangan berbuka puasa yang identik dengan makanan manis seperti puasa, kurma hingga cokelat.

4. Mudik Lebaran

Foto: Istimewa

Mulai H-7 sebelum lebaran, biasanya masyarakat Indonesia mulai berbondong-bondong mudik ke kampung halamannya masing-masing untuk bertemu dengan keluarga. Sedangkan di Arab Saudi, tradisi mudik itu sama sekali tidak ada, saat lebaran mereka biasanya melakukan aktivitas berpergian ke luar kota.

5. Bingkisan Lebaran

Foto: Istimewa

Di Indonesia, kita memiliki tradisi untuk saling berkirim bingkisan atau parcel Lebaran yang isinya pun beragam mulai dari snack, sirup hingga aneka kebutuhan pokok. Bila di Arab Saudi, tradisi berkirim bingkisan atau parcel juga ada, namun isi parcelnya tidak lebih dari tiga macam yakni sekotak permen, kue dan satu set parfum dengan pesan Idul Fitri di atasnya. 

Nah itu dia gaes perbedaan lebaran antara di Indonesia dengan di Arab Saudi Gaes.




Arab SaudiIndonesiaLebaranIdul Fitri

Share to: