Cara Membuat Ketupat yang Enak dan Gampang untuk Lebaran Nanti Gaes

Cara Membuat Ketupat yang Enak dan Gampang untuk Lebaran Nanti Gaes

Cara Membuat Ketupat yang Enak dan Gampang untuk Lebaran Nanti Gaes

Cara membuat ketupat yang enak dan gampang


Lebaran tinggal menghitung hari lagi gaes, salah satu hidangan yang wajib ada saat Idul Fitri nanti yaitu ketupat kan gaes. Lalu bagaimana cara membuat ketupat biar enak ya?

Nah bagi kamu yang nggak bisa bikin ketupat yang hasilnya itu kadang cair, lembel atau nggam matang dalamnya, memang sih gae membuat ketupat itu susah-susah.

Nah biar nanti ketupat lebaran kamu enak dan berhadil, yuk coba gaes cara membuat ketupat lebaran yang anti gagal berikut ini.

1. Siapkan daun janur

Foto: Istimewa

Untuk membuat ketupat, anyaman daun janurnya tidak boleh sembarangan lho. Pilihlah daun janur yang muda agar ketika direbut nanti hasilnya jadi bagus ya gaes.

2. Memilih beras

Foto: Istimewa

Beras untuk membuat ketupat bisa menggunakan beras pulen atau beras pera, tergantung selera kamu gaes. Namun, untuk menghasilkan ketupat yang empuk dan tahan lama, pilihlah beras sedang. Artinya nggak terlalu pulen dan nggak juga terlalu pera juga gaes. Dengan begitu, ketupat akan lembut.

3. Cuci Beras

Foto: Istimewa

Dalam hal mencuci beras juga tidak boleh asal-asalan, karena jika pencuciannya salah, ketupat akan cepat basi. Hal yang perlu diperhatikan adalah mencuci beras hingga bersih. Kemudian, rendam beras selama kurang-lebih tiga jam. Tambahkan kapur sirih dalam rendaman beras.

4. Masukkan beras kedalam daun janur yang udah di bentuk anyaman ketupat

Foto: Istimewa

Turunkan sedikit lubang bagian ujung anyaman daun ketupat. Masukan beras yang sudah direndam ke dalam ketupat dengan sendok. Isi sebanyak 50-60 persen beras ke dalam volume ketupat jika ingin ketupat yang lunak. Tetapi, jika ingin lebih padat, isi sebanyak 70 persen.

5. Cara merebus

Foto: Istimewa

Siapkan panci yang sudah diisi air mendidih. Masukkan ketupat ke dalam panci berisi air panas. Pastikan semua ketupat terendam di dalam air. Rebus selama 3-4 jam. Tunggu sampai matang dengan kondisi panci tertutup. Jika Anda menggunakan panci presto maka waktu merebusnya bisa lebih cepat, yaitu cukup 2 jam. Setelah waktu merebus cukup, periksa apakah ketupat sudah matang atau belum. Jika sudah tiriskan dari air. Lalu keringkan dengan cara diikat dan  atau digantung.

Nah itu dia gaes cara membuat ketupat yang enak untuk lebaran nanti selamat mencoba ya.




Ramadan 2020KetupatLebaran

Share to: