Mengenal Tradisi Kenduri Nuzulul Quran, Tradisi Lebaran yang Unik dari Aceh

Mengenal Tradisi Kenduri Nuzulul Quran, Tradisi Lebaran yang Unik dari Aceh

Foto

Istimewa


Dijuluki Kota Serambi Mekah, membuat Ache menjadi salah satu provinsi yang penduduknya mayoritas Muslim. 

Tak hanya Madura dan Tegal, Ache pun mempunyai Tradisi Unik Lebaran yaitu Kenduri Nuzulul Quran. 

Tradisi tersebut bagi masyarakat Aceh, khususnya Aceh Besar dan Kota Banda Aceh itu dinamakan kenduri "Tammat Daruh" atau bermakna kenduri khatam Alquran, sebab dilaksanakan pada setiap pertengahan dan akhir Ramadan.

Hidangan aneka masakan, dan juga bermacam jenis kue tersajikan di atas talam yang diberi penutup (tutup saji) dari rumah warga dibawa ke meunasah atau masjid untuk santapan menu berbuka puasa bersama pada kenduri Nuzulul Quran di setiap malam Ramadan.

Kenduri Nuzulul Quran pada Ramadan 1441 Hijriah memiliki nuansa yang jauh berbeda. Tak ada keramaian anak-anak yang saling berebut lauk-pauk saat sirine berbuka berbunyi dari pengeras suara di masjid. Karena tengah mengalami masa pandemi Corona, tidak semua desa di Aceh Besar dan Kota Banda Aceh menggelar kenduri Nuzulul Quran pada Ramadan 2020.

Tetapi, Kenduri Nuzulul Quran 2020 tetap digelar meski berbeda dari Ramadan tahun lalu. Khairullah menyatakan kenduri merupakan tradisi dan kearifan lokal bagi warga Aceh Besar dan Kota Banda Aceh. Namun kali ini tradisi tersebut dijalani tanpa mengundang warga dari desa-desa tetangga karena pertimbangan pandemi Corona.

Dalam hal makanan, menu utama kenduri Nuzulul Quran ialah Kuah Beulangong yang dimasak dengan cara bergotong royong di masjid masing-masing. Kuah Beulangong merupakan kuliner yang terdiri dari daging sapi dan kambing dengan campuran aneka bumbu serta sayuran buah nangka mentah yang dimasak dalam kuali besar (beulangong). Selain buah nangka mentah, untuk sayuran pelengkap dalam masakan ada juga yang dicampur batang pisang, buah pisang kepok mentah, dan buah labu.

Kenduri Nuzulul Quran di Aceh tak hanya bermakna religius, tapi juga merupakan ajang silaturahmi antarwarga saat Ramadan. Sebab dari awal hingga akhir dari proses kenduri melibatkan seluruh warga.




LebaranLebaran 1441HTradisi Lebaran AcehAcehKenduri Nuzulul Quran

Share to: