Mengangkat Cerita Tentang Perdagangan Sex, Penulis Naskah Drama 'Extracurricular' Terinspirasi dari Kisah Nyata

Mengangkat Cerita Tentang Perdagangan Sex, Penulis Naskah Drama 'Extracurricular' Terinspirasi dari Kisah Nyata

Foto

Istimewa


Tak hanya Crash Landing on You dan The World of The Married, di tahun 2020 banyak drama Korea yang baru dirilis namun sudah memiliki ratting yang tinggi dan banyak diminati oleh muda mudi.Salah satunya ada drama yang berjudul Extracurricular.

Drama ini mengangkat kisah yang tak biasa yaitu mengenai kehidupan ganda pelajar SMA teladan dan pintar yang ternyata adalah bos besar bisnis protitusi online. 

Drama ini mendapat banyak pujian lantran jalan ceritanya yang seru dan juga menegangkan, Ekstrakurikuler dapat dideskripsikan sebagai drama kriminal remaja tetapi dengan sisi yang gelap. Tak hanya fokus pada perdagangan seks, drama ini juga menampilkan sejumlah kasus kenakalan yang biasa dilakukan para pelajar.  

Sang penulis naskah, Jin Han Sae, mengatakan kalau jalan cerita yang tersaji dalam Extracurricular terinspirasi dari kisah nyata. Tepatnya dari pengalamannya saat masih berstatus pelajar SMA di New Zealand. 

“Aku melihat seorang anak menjual rokok kepada teman-temannya. Dan saat itu aku berpikir meski kami sama-sama siswa SMA, tapi kami hidup di dunia yang berbeda. Saat itu aku tak menyadari betapa beratnya tindakan kriminal yang dilakukannya hanya untuk tujuan menghasilkan uang,” kata Jin Han Sae seperti melansir The Korea Herald.  

Bermula dari situ, dirinya langsung bepikir untuk memberikan penilaian moral atas tindakan kriminal yang dilakukan remaja mulai dipikirkannya.  Pikiran Jin Han Sae semakin terusik usai ia membaca berita mengenai beberapa remaja yang terjebak dalam kejahatan terorganisir.

 Berdasarkan semua hal yang pernah dialaminya dan dibacanya itu, Jin Han Sae kemudian menulis naskah drama Ekstrakurikuler sekitar musim gugur tahun 2018.

Jin Hae Sae juga berpikir dengan pikiran childish yang sering ia dengar, yaitu pertanyaan yang mengatakan "Mengapa kejahatan itu buruk?"

"Aku menggunakan tema remaja dan prostitusi karena aku percaya untuk menemukan jawaban serius atas pertanyaan mendasar itu, kami perlu menyentuh bagian kriminal yang kami rasa masih sensitif di masyarakat. Yang kami rasa tabu, tak nyaman, dan menyakitkan untuk dihadapi. Ekstrakurikuler mungkin cerita yang menggali luka itu," jelasnya.

Jin Han Sae kaget saat kisah Ekstrakurikuler mirip dengan 'Nth Room' yang adalah kasus kejahatan seksual dan perdagangan cybersex yang sejumlah anak-anak muda sebagai pelaku dan korbannya.

 Kasus 'Nth Room' diprediksi melibatkan sekitar 260 ribu orang di aplikasi pesan instan Telegram dan menargetkan perempuan, termasuk yang masih di bawah umur. Kasus ini sudah terjadi sejak lama dan baru terungkap serta menghebohkan Korea Selatan pada Maret 2020.




ExtracurricularDrama ExtracurricularKorea DramaKDrama2020

Share to: