Jadi Perbincangan, Sebenernya Apa Sih Penyebab Meninggalnya George Floyd? Simak Disini Gaes

Jadi Perbincangan, Sebenernya Apa Sih Penyebab Meninggalnya George Floyd? Simak Disini Gaes

Jadi Perbincangan, Sebenernya Apa Sih Penyebab Meninggalnya George Floyd? Simak Disini Gaes

Istimewa


Di Amerika Serikat kini marak dengan berita bahwa adanya autopsi yang dilakukan oleh keluarga George Floyd, yang menunjukan bukti bahwa Floyd dicekik oleh seorang polisi hingga tewas. Namun hasil autopsi ini berbeda dengan klaim putusan resmi yang menunjukan hasil bahwa Floyd tewas lantaran masalah kesehatan jantung. 

"Pemeriksa medis independen mengautopsi Floyd menentukan bahwa sesak napas akibat tekanan yang terus-menerus adalah penyebab kematian," kata pengacara keluarga Floyd, Ben Crump seperti dilansir AFP. 

Direktur Autopsi dan Ilmu Forensik University of Michigan, Aleccia Wilson mengatakan ia telah memeriksa tubuh Floyd. Dia mengatakan pembunuhan sebagai cara kematian Flyod.

"Buktinya konsisten dengan asfiksia mekanik sebagai penyebab kematian, dan pembunuhan sebagai cara kematian," katanya dalam konferensi pers.

Diketahuo, Floyd menghembuskan nafas terakhirnya pada hari Rabu (27/5) setelah adanya seorang polisi berlutut di leher pria Afrika-Amerika yang berusia 46 tahun selama kurang lebih sembilan menit. Dan kondisi  Floyd menjadi tidak responsif setelah hampir tiga menit. 

Adanya video kejadian, yang datang setelah Floyd ditahan dengan tuduhan kecil lantaran mengeluarkan uang sebesar $ 20 palsu, dan memicu kegemparan nasional atas kebrutalan dan protes polisi serta kerusuhan di lebih 140 kota. 

Dan akhirnya, polisi yang memegang lututnya di leher Floyd, dan didakwa dengan tingakat ketiga atau pembunuhan yang tidak disengaja, berdasarkan pada autopsi resmi awal yang mengatakan Floyd meninggal bukan karena asifiksia tetapi kondisi kesehatan jantungnya. 

Para keluarga Floyd mempermasalahkan kesimpulan itu dan menuntut Chauvin didakwa dengan pembunuhan tingkat pertama, dan bahwa tiga petugas lainnya di tempat kejadian ditangkap dan dituduh terlibat dalam pembunuhan.

Namun, pihak Wilson dan ahli autopsi lainnnya, Dr Michael Baden tidak setuju dengan adanya laporan resmi, hanya ringkasan yang telah dirils sebagai bagian dari dokumen pengadilan untuk penangkapan Chauvin. 

"Autopsi menunjukkan bahwa Floyd tidak memiliki masalah medis mendasar yang menyebabkan atau berkontribusi pada kematiannya," ujar Baden.

"Dia dalam kondisi sehat," kata Baden.

"Saya berharap saya memiliki arteri koroner yang sama dengan yang dimiliki oleh Floyd yang kami lihat di autopsi," tambahnya.




George FloydKematian FloydGeorge Floyd Tewas

Share to: