Daftar Pengisi Suara Kartun 'Doraemon' Versi Indonesia, Gen 90 Harus Berterima Kasih sama Mereka

Daftar Pengisi Suara Kartun 'Doraemon' Versi Indonesia, Gen 90 Harus Berterima Kasih sama Mereka

Foto

Pengisi Suara Kartun Doraemon (Foto: Istimewa)


Doraemon adalah anime asal Jepang yang sudah sangat lama tayang di pertelevisian Indonesia. Doraemon di Nusantara sudah ada sejak tahun 1988. Pada saat itu, televisi belum sepenuhnya merambah wilayah pelosok pedesaaan.

Para pengisi suara animasi Doraemon versi Indonesia saat itu belum betul-betul berkiprah seperti sekarang ini. Namun seiring berjalannya waktu pengisi suara animasi doraemon pun ditemukan dan berjalan hingga kini.

Penasaran siapa saja orang yang berjasa dibalik pengisi suara doraemon? Simak yuk di sini!

1. Dewi Sartika sebagai Nobita

Dewi Sartika merupakan orang di balik suara anak culun tersebut. Kaget nggak kalau pengisi suara Nobita itu perempuan?

Dewi sudah mengisi suara Nobita sejak tahun 2009 lho. Namun ia mengenal dunia dunia teater dan seni peran suara, yakni sejak tahun 1995. Ia kemudian mulai rajin mengikuti casting di sebuah PH (Production House) dan pernah mengisi suara tokoh utama terkenal, seperti Rosalinda dan Maria Seleste. Menurut Dewi, menjadi seorang dubber, harus bisa memainkan berbagai suara yang berbeda.

2. Nurhasanah sebagai Doraemon

Pengisi suara doraemon adalah adalah seorang perempuan bernama Nurhasanah. Nurhasanah sudah menjadi dubber untuk karakter Doraemon sejak tahun 1993 hingga sekarang. Pengalamannya dalam dunia dubbingnya nggak usah dipertanyakan lagi deh.

3. Jessy sebagai Shizuka

Jessy adalah pengisi suara dari karakter Shizuka. Ia memulai debutnya sebagai pengisi suara di salah satu stasiun televisi swasta pada awal 1990-an. Dia juga sempat mengisi suara Kamiya Kaoru dalam serial animasi Samurai X. Manisnya kepopuleran animasi Vatalla Sang Pelindung pada tahun-tahun lalu pula telah dicicipi oleh Jessy. Kemudian, pada tahun 2013, ia mempunyai kesempatan menjadi pengisi suara Shizuka, gadis yang sangat dicintai oleh Nobita.

4. Santosa sebagai Suneo

Sosok pengisi suara karakter Suneo adalah Santosa Amin. Ia juga pernah memerankan tokoh Spongebob Squarepants. Sebelum menjadi pengisi suara, ternyata Santosa pernah bekerja sebagai pegawai di restoran Pizza. Ia pun mulai bekerja di RRIdan memulai langkahnya di dunia seni peran.

5. Bima Sakti sebagai Giant

Sosok di balik karakter Giant adalah Bima Sakti. Bima Sakti mulai menjadi pengisi suara animasi Doraemon sebagai Giant pada tahun 2009 bersama dengan Dewi Sartika sebagai Nobita. Meski begitu, Bima Sakti juga lumayan berkiprah lama, lho, dalam dunia seni peran suara.

Nah, itulah beberapa orang yang menjadi pengisi suara animasi Doraemon. Siapa nih yang kira-kira mau jadi seperti mereka?




Pengisi Suara Kartun Doraemon

Share to: