#BUMNUntukKawasanIndustri Trending Topic Nomor 7 di Twitter Gaes!

#BUMNUntukKawasanIndustri Trending Topic Nomor 7 di Twitter Gaes!

Foto

Foto: Twitter


Dunia maya memang tidak pernah kehabisan bahan untuk dibahas oleh para netizen. Hari ini, Selasa 30 Juni 2020, Netizen tengah meramaikan tagar #BUMNUntukKawasanIndustri di sosial media Twitter hingga trending topic nomor 7 di Twitter.

Lantas apakah isi dari tagar tersebut? simak dibawah ini gaes.

Berdasarkan pantauan, BUMN mengumumkan lahan PT Perkebunan Nusantara (PTPN) IX di Batang, Jawa Tengah siap untuk memenuhi kebutuhan relokasi sejumlah pabrik perusahaan global ke Indonesia.  

“Lokasi ini sangat prima, memang satu kepemilikan di bawah PTPN IX jadi ke depan tidak akan ada isu nanti untuk relokasi ataupun mandeknya perizinan,” ungkap Erick Thohir pada  Selasa 30 Juni 2020.

Gak cuma itu gaes, pengembangan Kawasan Industri Terpadu Batang tersebut bakal dilakukan dalam tiga fase. Fase pertama pengembangan dilakukan terhadap lahan dengan luasan 450 hektare milik PTPN IX.

Pengembangan kawasan ini diharapkan bisa mengintegrasikan kawasan industri yang ada di Jawa Tengah saat ini, khususnya di Brebes dan Kendal. Selain itu, pengembangan ini akan terintegrasi dengan Kawasan Pariwisata Borobudur.

Pengembangan ini juga bisa menjadikan Jawa sebagai sentra manufaktur di Indonesia. Sekedar informasi aja nih gaes, saat ini, Jawa sudah punya kawasan industri lainnya di Cikarang, Jawa Barat dan Gresik, Jawa Timur.

Nantinya, Erick jga bakal berkoordinasi dengan Badan Koordinasi Penanaman Modal untuk memastikan rencana relokasi sejumlah pabrik ke Indonesia bisa berjalan lancar. 

Nah ini dia nih beberapa pabrik yang nantinya siap direlokasi ke Indonesia.

- PT Meiloon Technology Indonesia : Relokasi pabrik dari Suzhou, China. Pabrik di Taiwan dan China merupakan pusat produksi untuk pasar global

- PT Sagami Indonesia: Relokasi pabrik dari Shenzen, China karena biaya pabrik dan tenaga kerja di indonesia lebih kompetitif dari China.

- PT CDS Asia (Alpan): Relokasi pabrik dari Xiamen, China karena tarif impor produknya dari Indonesia ke Amerika 0% dibanding tarif 25% dari China ke Amerika.

- PT Kenda Rubber Indonesia: Relokasi pabrik dari Shenzen, China karena peningkatan permintaan pasar di Indonesia.

- Denso, PT Denso Indonesia: Relokasi pabrik dari Jepang karena memandang Indonesia sebagai lokasi terbaik setelah melakukan riset ke berbagai negara di kawasan ASEAN.

- PT Panasonic Manufacturing Indonesia: Relokasi dari China karena ingin menjadikan Indonesia sebagai pasar basis ekspor bagi beberapa kategori produk home appliances.

- PT LG Electronics Indonesia: Relokasi dari Korea Selatan dan berencana menjadikan Indonesia sebagai regional hub baru yang menjangkau pasar Asia dan Australia.

Kita tunggu deh gimana kabar selanjutnya dari relokasi pabrik global ke Indonesia ini. 



Kementrian BUMNErick ThohirArya Sinulingga

Share to: