Jarang yang Tahu, 6 Program Studi Ini Sepi Peminat: Padahal Gajinya Tinggi Banget Lho

Jarang yang Tahu, 6 Program Studi Ini Sepi Peminat: Padahal Gajinya Tinggi Banget Lho

Jarang yang Tahu, 6 Program Studi Ini Sepi Peminat: Padahal Gajinya Tinggi Banget Lho

6 Program Studi Sepi Peminat (Foto: Instagram)


Rata-rata siswa lulusan baru memilih jurusan yang populer dan banyak diminati oleh banyak siswa. Hal ini terjadi karena jurusan yang diminati memiliki prospek kerja yang dinilai lebih bgus dari pada jurusan yang kurang diminati.

Padahall, jurusan yang banyak diminat bisa menimbulakn persaingan ketat dalam dunia pekerjaan. Kebalikannya, jurusan sepi peminat justru memiliki persaingan yang nggak terlalu ketat di dunia kerja, bahkan memiliki gaji yang tinggi.

Nah penasaran kan dengan jurusan sepi peminat namun bisa menghasilkan gaji tinggi? Simak yuk!

1. Oseanografi

Pecinta laut bisa menjadi seorang ahli kelautan lho. Hal ini bisa dicapai dengan measuk dalam jurusan oseanografi yang mempelajari fenomena kelautan yang nantinya akan diaplikasikan ke bidang lain seperti rekayasa lingkungan, bencana laut, perikanan, hingga mitigasi bencana. Tapi sebaiknya kamu memiliki ketertarikan di bidang kalkulus, kimia, matematika, geografi dasar hingga hidro dinamika ya agar bisa mengikuti program studi ini.

2. Aktuaria

Aktuaria adalah ilmu tentang pengelolaan keuangan di masa yang akan datang. Aktuaria ini punya peluang yang lebar, bahkan di luar negeri gajinya sangat tinggi lho. Lulusan prodi aktuaria biasanya akan kerja di asuransi jiwa, kesehatan, tunjangan karyawan, manajemen risiko kebakaran, bencana dan lain-lain. Di jurusan ini kamu bakal belajar peluang matematika, statistika, keuangan dan pemrograman komputer.

3. Teknik Biomedis

Teknik Biomedis adalah ilmu yang dipelajari pada bidang medis atau kedokteran, namun sedikit lebih sulit. Lulusan prodi ini akan memiliki peluang di bidang layanan kesehatan, bidang industri, serta bidang pendidikan dengan gaji yang terhitung besar. Lulusan biomedis di negara maju digaji sebesar US$62.700 atau 846.450.000,00 sampai US$104.000 atau sekitar Rp1.404.000.000,00 lho. Fantastis, kan?

4. Pengobatan Tradisional

Di jurusan ini, kamu bakal belajar tentang metode pembuatan obat-obatan yang menggunakan bahan-bahan yang didapat dari alam. Nggak cuma itu, kamu juga mempelajari metode pengobatan memijat, akupuntur dan lainnya. Kamu bakal mendapat royalti ratusan juta jika kamu menemukan racikan ramuan herbal dan ada produsen yang tertarik membelinya lho!

5. Sosiologi

Prospek jurusan yang satu ini terbilang luas karena memiliki berbagai sub program studi seperti Sosiologi Industri, Sosiologi Lingkungan, Sosiologi Pembangunan, dan Sosiologi Ekonomi. Selain itu, ada pula banyak hal yang dipelajari mulai dari intetraksi antar manusia yang memengaruhi struktur sosial. Mereka juga mencari penyebab perubahan situasi masyarakat. Kamu bisa mendapatkan gaji yang tinggi kalau kamu bisa mendapatkan solusi dari masalah trsebut.

6. Sendratasik (Seni Drama, Tari, dan Musik)

Banyak yang mengira kalau jurusan Sendratasik, memiliki gaji kecil. Degan inovasi dan dan branding yang bagus, lulusan ini bisa berpotensi bergaji nesar lho! Di jurusan ini kamu bakal mempelajari berbagai teori di bidang sosial dan humaniora bahkan hingga teknologi. Jika memiliki bakat di bidang ini, kamu tak perlu ragu mengembangkannya.

Nah, itu tadi jurusan sepi peminat yang bisa menghasilkan gaji tinggi. Gimana, kalian berminta nggak nih masuk di salah satu jurusan itu?




6 Program Studi Sepi Peminat

Share to: