Lokananta, Studio Musik Legendaris yang Disulap Jadi Museum Modern di Solo

Lokananta, Studio Musik Legendaris yang Disulap Jadi Museum Modern di Solo

Lokananta, Studio Musik Legendaris yang Disulap Jadi Museum Modern di Solo

Lokananta, Studio Musik Legendaris (Foto: KUYOU)


Lokananta merupakan studio musik pertama atau titik nol musik di Indonesia. berdiri pada tanggal 29 Oktober 1956. Di Studio Lokanaanta ini banyak musisi legendaris rekaman musik di sini. 

Bahkan teks Proklamasi Suara Bung Karno diproduksi distudio ini. Bukan hanya itu, Disini juga menjadi tempat rekaman lagu kebanggaan Indonesia Raya.

Baca Juga: Intip Fasilitas Solo Trade Center, Si 'Gedung Biru' yang Tawarkan Coworking Space Gratis

Lokananta merupakan salah satu dari 17 titik prioritas pembangunan yang Gibran Rakabuming canangkan di Solo. Pada tanggal 3 Juni 2023 Lokananta diresmikan oleh Menteri BUMN, Erick Thohir setelah direnovasi besar-besaran dan cocok untuk menjadi destinasi wisata baru di Solo.

Foto: KUYOU

Untuk masuk kesini, pertama kamu perlu registrasi melalui bio Instagram @lokanantabloc kemudian pilih waktu yang ingin kamu kunjungi setelah selesai reservasi, pembayarannya hanya tersedia melalui non tunai. Lalu  petugas akan memberikan gelang kepada pengunjung.

Untuk harga tiket masuk saat ini Rp 30.000, akan ada guide yang memandu kamu berkeliling memasuki ruang demi ruang. Ada 7 ruang galeri yang akan kita masuki. Durasi kita di dalam museum selama 2 jam.

Disini ada 5 ribuan keping yang masih disimpan dan dirawat. Saat ini sudah 200 lebih yang didigitalisasi dan bisa diakses secara online di Youtube Lokananta.

Disini, selain piringan hitam ada juga album musik dari para musisi legendaris. Kamu bisa mendengarkan lagu tersebut dengan headset yang tersedia.

Ada juga ruangan rekaman tahap pembuatan musik jaman dulu. Di Lokananta ini juga menyediakan perpustakaan. Kamu bisa membaca koleksi buku-buku yang ada di sini. 

Foto: KUYOU

Sementara itu dihalaman tengah galeri Lokananta ada publik space yang bisa buat nongkrong bareng teman. Bagi pengunjung yang ingin beli souvenir jangan khawatir, soalnya disini juga ada tempat yang menyediakan beragam souvenir yang cantik dan menarik. Seperti kaos, kaset vcd, stiker dll.

Baca Juga: Wadah untuk Seniman Berkreasi, Pemkot Sediakan Beberapa Lokasi Mural Art di Solo

Disini juga terdapat tempat pertunjukan konser, ada juga tempat komersial Hook bagi para musisi, seniman dan juga para UMKM. Lokananta sekarang benar benar menjadi tempat kreatif yang menarik untuk dikunjungi.




LokanantaLokananta SoloMuseum LokanantaStudio musik legendaris

Share to: