Legenda Bukutangkis China, Lin Dan Mantap Pensiun

Legenda Bukutangkis China, Lin Dan Mantap Pensiun

Foto

Lin Dan (Foto: Instagram)


Pebulu tangkis berbakaat asal China, Lin Dan, memutuskan untuk pensiun menjadi pebulu tangkis internasional pada Sabtu 4 Juli 2020.

Hal ini menyebabkan Lin Dan harus mengakhiri karirnya dengan China yang sudah dibangunnya sejak tahun 2000.

"Sejak 2000 sampai 2020. Setelah 20 tahun, akhirnya saya harus mengatakan selamat tinggal pada Tim Nasional China. Sangat sulit untuk mengambil keputusan ini," katanya.

Kondisi fisik menjadi salah satu alasan Lin Dan pensiun.

"Kemampuan fisik serta cedera-cedera yang kuderita tidak mengizinkanku untuk bermain bersama rekan-rekan setimku lagi," ujar pebulu tangkis 37 tahun itu.  

Sebanyak 666 kemenangan dan 128 kekalahan sudah didapatkan Lin Dan selama karirnya. Ia bahkan berhasil meraih dua medali emas di Olimpiade Beijing 2008 dan London 2012 dari empat kali Olimpiade yang dia ikuti. Ia juga lima kali menjuarai World Championships.

Keputusan ini sebenarnya sudah dipikirkan sejak lama namun Lin Dan menginginkan untuk mengikuti olimpiade satu kali lagi. Namun kini ia justru sudah tak akan bermain lagi dalam arena bulu tangkis.

"Ada rasa keengganan dan frustrasi, tapi juga ada rasa syukur di sana. Namun begitu, saya sudah sangat bahagia sempat dipanggil 'Lin Dan dari Timnas China' selama karier saya," kata Lin Dan. 




Lin DanLin Dan Respi Pensiun

Share to: