4 TKI Ini Sukses dari Sampingan Nge-YouTube Lho, Sekarang Masih di Luar Negeri, Siapa Aja?

4 TKI Ini Sukses dari Sampingan Nge-YouTube Lho, Sekarang Masih di Luar Negeri, Siapa Aja?

4 TKI Ini Sukses dari Sampingan Nge-YouTube Lho, Sekarang Masih di Luar Negeri, Siapa Aja?

4 TKI Ini Sukses dari Sampingan Nge-YouTube (Foto: Instagram)


Demi mengubah nasibnya menjadi lebih baik beberapa orang nekat bekerja di luar negeri karena gajinya yang menjanjikan, termasuk menjadi Tenaga Kerja Indonesia (TKI).

Namun beberapa TKI tersebut kini sukses menjadi Youtuber terkenal di Indonesia berkat kegigihannya melihat peluang yang ada. Kini para mantan TKI tersebut sudah memiliki jutaan subscriber lho di channel Youtubenya.

Penasaran kan dengan TKI yang kini sukses dari sampingan nge-YouTube? Simak yuk!

1. Sosok Arif Muhammad yang lebih dikenal sebagai Mak Beti ternyata mengawali kariernya jadi Youtuber saat ia jadi masih jadi TKI di Abu Dhabi lho

Arif Muhammad lebih dikenal dengan personanya sebagai Mak Beti yang kocak mulai terjun ke media sosial sejak tahun 2013. Berawal dari kerinduannya akan kampung halaman saat masih menjadi TKI di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, a mengenakan hijab hitam sebagai properti yang dipakai oleh karakter Mak Beti dan Beti sendiri pada waktu itu. Kini ia pun makin populer bahkan memiliki 10 juta subcribers. Penghasilannya dari endorse kini mencapai 3 kali lipat gajinya di Abu Dhabi yaitu sekitar 300 juta rupiah/bulan.

2. Dari jadi kasir mini market hingga punya gaji puluhan juta, Sugeng Azka kini  menjadi salah satu Youtuber sukses yang tinggal di Korea

Melalui program G to G atau Government to Government Sugeng menjadi salah satu TKI setelah belajar bahasa selama 5 bulan. Dengan UMR sekitar 1,8 juta won atau sekitar 21 juta rupiah, Sugeng bisa mendapatkan uang sekitar 40 juta rupiah dalam sebulan. Tak hanya itu, keisengannya dalam merekam video kesehariannya di sana dan mengunggahnya ke Youtube ternyata juga jadi sumber penghasilan yang lain dimulai tahun 2016. Kini subscribers-nya mencapai 77 ribu dan videonya sudah dilihat total sebanyak 15 juta kali.

3. Sama-sama berawal dari iseng, Zhiee Leely juga menjadi salah seorang Youtuber sukses dengan subscribers ratusan ribu

Leli Lestari atau Zhiee Leely mengawali kariernya di Korea di sebuah pabrik tahu karena ajakan teman yang sudah lebih dulu bekerja di sana. Awalnya ia hanya iseng mendokumentasikan kegiatannya bersama suami di sana. Sejak 2017 hingga saat ini, ia sudah memiliki 535 ribu subscribers, 486 videonya sudah dilihat total 80 juta kali. Dari angka-angka ini kini ia sudah memiliki peternakan ayam di kampung halaman dan sudah kembali ke Indonesia.

4. Salah satu Youtuber yang sempat menghebohkan dunia maya adalah Parindra Sidik Cahyono dengan konten yang ‘gokil abis’

Video blog yang apa adanya membuat Youtuber asal Nganjuk ini justru populer. Melalui channel bernama Gokil Abis, Parindra membuat konten-konten berisi kegiatannya di negara tempat ia bekerja yaitu Korea Selatan. Kini channel Youtube-nya memiliki subscribers sebanyak 552 ribu orang yang membuatnya kaya raya hingga memiliki rumah seharga 1 milyar dan toko bahan-bahan pertanian. Ia juga memiliki persewaan alat pertanian dan mobil pick up.

Nah kisah sukses mereka yang berawal dari seorang TKI dan menjadi Youtuber terkenal menginspirasi banget ya gaes.




4 TKI Ini Sukses dari Sampingan Nge-YouTube

Share to: