Fakta Unik Hagia Sophia, Ramai Dibahas karena Yunani Menolak Alih Fungsi Jadi Masjid

Fakta Unik Hagia Sophia, Ramai Dibahas karena Yunani Menolak Alih Fungsi Jadi Masjid

Fakta Unik Hagia Sophia, Ramai Dibahas karena Yunani Menolak Alih Fungsi Jadi Masjid

Hagia Sophia (Foto: dok. Istimewa)


Pemerintah Turki resmi mengembalikan status Hagia Sophia menjadi Masjid kembali. Keputusan tersebut langsung jadi bahan perbincangan masyarakat dunia. 

Meski disambut secara sukacita oleh umat muslim di Turki, pengadilan yang memtuskan pencabutan status museum pada Hagia Sophia nggak luput dari kritikan. Seperti Amerika Serikat yang mendesak agar Ankara tidak mengubah status Hagia Sophia menjadi Masjid.

Bangunan yang awalnya dibangun sebagai Gereja kemudian beralih jadi Masjid, hingga dialihfungsikan menjadi Museum, sebelum menjadi Masjid kembali ini memiliki perjalanan yang panjang dan menarik. Berikut fakta-fakta menarik dari Hagia Spohia, yuk disimak langsung gaes!

1. Hagia sophia sempat jadi gereja dan masjid

Hagia Sophia dibangun pada 532-537 M sebagai Gereja Kristen Ortodox di bawah Kekaisaran Bizantium, Justinian I. Bangunan ini dianggap sebagai karya arsitektur Bizantium yang paling penting dan masuk dalam warisan dunia UNESCO.

Setelah peristiwa penaklukan Konstantinopel oleh Kesultanan Usmani pada 1453, Hagia Sophia diubah menjadi Masjid. Namun, pemerintah Turki di bawah kepemimpinan Presiden Mustafa Kemal Ataturk yang beraliran nasionalis sekuler memutuskan menjadikan Bangunan itu sebagai Museum pada 1935.

2. Melambangkan dua agama

Semenjak diubah jadi masjid, banyak lambang Kristen seperti lonceng, lukisan, gambar, serta mozaik yang menggambarkan Yesus sebagian gambarnya dihilangkan dan ada juga yang ditutupi. Namun sejak diubah jadi museum di tahun 1935, berbagai lambang dan mozaik agama Kristen dibuka.

Sejak saat itu, traveler bisa melihat lukisan yang menggambarkan Yesus berada berdampingan dengan lafadz Allah dan Muhammad. Inilah harmoni, kedua simbol agama Kristen dan Islam berpadu di dalam satu bangunan yang sama.

3. Hagia Sophia memiliki arti kebijaksanaan yang suci

Hagia Sophia merupakan ikon kota Istanbul abad keenam. Hagia Sophia begitu terkenal di kalangan umat islam maupun umat kristen Ortodoks. Nama Hagia Sophia sendiri memiliki arti holy wisdom atau kebijaksanaan yang suci. Hagia Sophia sendiri adalah bangunan yang merupakan monumen berkubah yang dibuat untuk katedral pengikut kristen ortodoks di Konstantinopel atau sekarang lebih dikenal dengan nama Istanbul, Turki. Hagia Sophia sendiri memiliki nama lain seperti Ayasofya dan Sancta Sophia.

4. Hagia Sophia berkali-kali ubah gaya arsitektur

Gaya arsitektur Hagia Sophia pun beberapa mengalami perubahan. Saat Gereja dirubah menjadi Masjid, lonceng dan kapal pengorbanan dihilangkan, lukisan-lukisan di dinding dan mosaik-mosaik Kristen ditutupi mengunakan plester dan desain kaligrafi khas Islam.

5. Arsitekturnya yang menginspirasi bangunan lain

Ciri khas arsitektur yang dimiliki oleh Hagia Sophia ini telah menginspirasi bangunan lain dalam kebudayaan islam. Salah satu masjid yang terinspirasi dari Hagia Sophia adalah Blue Mosque atau Masjid biru di Instanbul, Turki.




sejarahmasjidUNESCOhagia sophiagereja

Share to: