Viral Video Batik China, Gimana Tanggapan Kamu Gaes?

Viral Video Batik China, Gimana Tanggapan Kamu Gaes?

Foto
Video Batih China (Foto: Twitter)

Baru-baru ini netizen Indonesia dihebohkan dengan munculnya sebuah video yang menyebut batik adalah kerajinan tradisional China. Media itu juga menyebut bahwa batik juga menjadi kerajinan yang umum di kalangan kelompok etnis di China dan sudah ada di negara itu sejak lama. 

Video berdurasi 49 detik itu diunggah oleh akun media China, Xinhua. Dalam video tersebut terlihat seorang pengrajin tengah menggambar motif batik pada selembar kain. 

Beragam motif digambar seperti hewan dan tumbuh-tumbuhan, serta motif khas batik. Cara menggambar batiknya juga memakai canting, meski bentuk alatnya sedikit berbeda. 

"(Batik) ini biasanya dipakai kelompok etnis minoritas yang tinggal di Guizhou dan Yunan.  Lihatlah bagaimana kerajinan kuno berkembang di zaman modern, " seperti itulah bunyi cuitan pada video Xinhua.

Postingan media itu pun langsung ramai dipenuhi komentar. Sampai detik ini, sudah ada 1000 kali retweet dan 1,6 ribu like dalam postingan. Ada beragam komentar dari netizen di postingan itu, termasuk dari netizen Indonesia.

"@XHNews Batik berasal dari Jawa Indonesia dan tersebar di seluruh Asia termasuk India dan China, jangan memutar balik fakta seolah-olah seni ini berasal dari China. Itu dari zaman kuno DITIRU oleh China," tulis akun @ srinidhi24.

"@XHNews Hah? Batik adalah sesuatu yang identik dengan Malaysia / Indonesia," timpal pengguna Twitter @PhaniPrasad.

Nah, menurut kalian gimana nih dengan adanya video dan pemberitaan media China tersebut? 



ViralBerita ViralTwitterKabar ViralBatikChinaMedia ChinaXinhua News

Share to: