Kenalin Karmila Purba, Joki Cantik Tong Setan yang Mendunia Gaes

Kenalin Karmila Purba, Joki Cantik Tong Setan yang Mendunia Gaes

Kenalin Karmila Purba, Joki Cantik Tong Setan yang Mendunia Gaes

Foto: Istimewa


Siapa yang pernah tahu dengan wahana esktrim Tong Setan? 

Wahana ini adalah seni pertujukan dimana orang-orang dengan sepedah motor berputar-putar di dalam sebuah tong besar dengan kemiringan 90 sampai 180 derajat. 

Wahana ini bisa daitemukan di pasar malam dan biasanya dimainkan oleh kaum pria gaes.

Tapi tahu gak sih, ada seorang joki cantik Tong Setan asal Indonesia yang terkenal hingga ke luar negri!

Dia adalah Karmila Purba gadis cantik asal Sumatera Utara yang bisa tampil di pelataran GOR Siantar, perempuan asal Kota Pematang Siantar.

Berawal dari rasa penasaran

(theguardian.com)

Karmila bisa 'terjerumus' ke dunia perjokian tong setan ini karena rasa penasarannya saat menyaksikan orang-orang yang beputar di dalam tong tersebut.

Rasa penasarannya pun disambut baik oleh para joki senior. Saat itu, Karmila masih berusia 15 tahun gaes!

Merasakan jatuh bangun menjadi joki 

(instagram/karmila_purba98)

Dimenori oleh Tora Pahlevi asal Medan, Karmila merasakan jatuh bangun sebagai joki pemula. Tak jarang dia mengalami luka-luka selama proses belajarnya menjadi joki. 

Karmila juga haus berdamai dengan rasa pusing karena harus berputar-putar di arena yang cukup berisik. Menurutnya hal tersebut yang paling sulit karena ia harus menjaga keseimbangan di atas motor dengan mesin silinder dua tak. Risiko yang juga harus dihadapi adalah saat ban bocor di tengah atraksi maka ia akan berpotensi jatuh padahal ia tak mengenakan helm saat beraksi.

Tidak sampai setahun, Karmila sudah jadi joki profesional

(Foto: istimewa)

Udaha kerasnya membuahkan hasil yang baik, Karmila mengaku tidak butuh waktu lama untuk belajar menjadi joki dan terjun langsung sebagai joki profesional.

Meski harus putus sekolah saat dibangku kelas X SMA, Karmila mengaku sempat bercita-cita menjadi pemusik. Sayangnya, orangtuaya gak memiliki biaya yang cukup untuk sekolah musik. 

Siapa yang sangka, kii dia telah menjadi joki profesional sejak terjun langsung pada tahun 2014.

Diundang sampai ke Thailand

(instagram/karmila_purba98)

Wanita tangguh ini berhasil menunjukan kesuksesannya sebagai joki Tong Setan. Di tahun 2018 lalu, salah satu perusahan olahraga ternama mengundang Karmila bermain di Thailand. Di sana, ia memperlihatkan atraksi sebagai joki tong setan di wadah yang lebih besar.

Dia bahkan banyak diliput media internasional seperti The Guardian yang menyorotinya sebagai joki perempuan tong setan yang memiliki daya tarik tersendiri




Tong SetanJoki Tong SetanKarmila PurbaSumatra Utara

Share to: